Berita Hulu Sungai Utara

Satpol PP HSU Sering Tertibkan Pengemis di Banua Lima, Setelah Itu Ini yang Terjadi

Pengemis di Kabupaten Hulu Utara (HSU) memang cukup banyak yang biasanya ada di jembatan Paliwara dan Banua Lima serta Pasar Induk Amuntai.

Satpol PP HSU Sering Tertibkan Pengemis di Banua Lima, Setelah Itu Ini yang Terjadi
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Pengemis di Kabupaten Hulu Utara (HSU) memang cukup banyak yang biasanya ada di jembatan Paliwara dan Banua Lima serta Pasar Induk Amuntai. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Pengemis di Kabupaten Hulu Utara (HSU) memang cukup banyak yang biasanya ada di jembatan Paliwara dan Banua Lima serta Pasar Induk Amuntai.

Kepala Bidang Satpolpp Dinas Damkar dan Satpol PP HSU Sugeng Riyadi mengatakan pihaknya rutin melakukan pembinaan dan penyisiran untuk menertibkan mereka.

Beberapa hari terakhir juga dilakukan hal yang sama dengan membawa pengemis yang ada di jembatan untuk diserahkan ke Dinas Sosial untuk diberi pembinaan.

Seperti yang dilakukan anggota Satpol PP HSU saat mengangkut pengemis yang berada di jembatan Benua Lima Kecamatan Amuntai Tengah.

Baca: Polisi Kejar Guru Debus yang Bakar 14 Muridnya dengan Air Keras

“Kami bawa ke pasar untuk mengumpulkan seluruh pengemis, karena jika dilakukan di jembatan dapat mengganggu pejalan kaki dan membahayakan sebab berisiko dapat tercebur ke sungai,” ujarnya.

Sugeng menambahkan pihaknya sudah sering melakukan penertiban namun mereka kembali lagi mengemis.

Saat dilakukan pembinaan sebagian besar adalah bukan asli warga HSU namun dari luar daerah.

Bahkan ada juga pengemis yang tidak memiliki kerabat dan tidur di jembatan, namun setelah dilakukan pembinaan di Dinas Sosial mereka tetap kembali lagi untuk mengemis karena mengaku tidak memiliki keahlian untuk bekerja.

Riza warga Desa Palampitan Hulu Kecamatan Amuntai Tengah mengatakan dirinya sebenarnya tidak terganggu dengan adanya pengemis, bahkan saat melihat ada yang memang sudah berusia lanjut atau memiliki kekurangan fisik membuatnya terharu dan memberi sumbangan.

Baca: Hotel dan Spa Alexis Buka Lagi? Anies: Kami Akan Serbu!

Namun jika dilakukan di jembatan memang membahayakan, selain itu juga mengganggu kesehatan karena terkena polusi asap kendaraan dan bahkan terkena panas sinar matahari.

“Kadang sering tidak tega, jadi memberi sekedarnya tapi lebih baik kalau semuanya di pasar kalau di jembatan kan membahayakan,” ujarnya.

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help