BErita HSS

Hujan Deras, Sungai Amandit Meluap Rendam Empat Kecamatan, Jalan ke Loksado Tertutup Longsor

Selain tanah longsor, hujan deras yang turun di sejumlah titik di HSS, menyebabkan Sungai Amandit di Loksado meluap.

Hujan Deras, Sungai Amandit Meluap Rendam Empat Kecamatan, Jalan ke Loksado Tertutup Longsor
Harian Banjarmasin Post Edisi Jumat (15/12/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN – Longsor kembali terjadi di wilayah Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kamis, (14/12). Selain tanah longsor, hujan deras yang turun di sejumlah titik di HSS, menyebabkan Sungai Amandit di Loksado meluap.

Sejumlah titik rawan longsor terjadi di Desa Loklahong, Desa Ulang dan Desa Hulu Banyu. Longsor menyebabkan pengguna jalan baik kendaraan roda empat dan roda dua tidak bisa melintas menuju Desa Loksado dan sekitarnya.

Longsor di Desa Hulu Banyu yang merupakan jalan utama menuju ke Desa Loksado. Namun longsor langsung cepat ditangani tim penanggulangan bencana dan relawan, aparat berwajib serta masyarakat bahu-membahu membersihkan tanah longsor.

Kapolsek Loksado IPDA Ikhwanul Muslimin membenarkan terjadinya longsor di sejumlah titik di Kecamatan Loksado. "Lokasi longsor di Desa Hulu Banyu sudah dibersihkan. Kendaraan roda dua dan roda empat sudah bisa melintas," ujarnya.

Baca: Sadis, Perempuan Ini Potong Kemaluan Pacarnya Setelah Dibikin Mabuk Gara-gara Putus Cinta

Namun, sebut Ikhwanul, longsor di Desa Ulang, hingga berita ini diturunkan masih dalam proses pembersihan. Hanya kendaraan roda dua yang bisa melintas, sedangkan kendaraan roda empat masih belum bisa melintas.

BPBD HSS dan tim relawan bersama anggota Polsek Loksado dan warga sekitar masih melakukan proses pembersihan tanah longsor.

Ikhwnaul mengimbau warga dan pengguna jalan yang akan dan menuju ke Loksado agar berhati-hati. Khususnya di lokasi rawan longsor.

"Saat berkendaraan harus berhati-hati dan waspada kondisi alam di wilayah Loksado," imbuhnya.

Sar Ifansyah, Camat Loksado menambahkan, longsor di Hulu Banyu sudah sejak siang bisa dilewati kendaraan roda empat

Baca: OJK Ungkap 21 Investasi Ilegal, Keuntungan yang Dijanjikan Tak Masuk Akal, Ini Daftarnya

Sementara itu, Kamis, Sungai Amandit di Loksado, kembali meluap. Luapan sungai Amandit merendam sejumlah titik ruas jalan di empat kecamatan. Mulai Kecamatan Kandangan, Padang Batung, Angkinang dan Telaga Langsat.

Kata Efran, Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik HSS hujan deras yang terjadi sejak malam mengakibatkan sungai Amandit meluap.

“Sejumlah titik jalan dan permukiman warga di empat kecamatan mengalami dampak dari debit air Sungai Amandit yang meluap," ujarnya.(ryn/han/nia)

Baca lebih lengkap di Harian Banjarmasin Post Edisi Jumat (15/12/2017)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved