Berita Hulu Sungai Tengah

Menteri ESDM Keluarkan Izin Produksi Batu Bara di HST, Begini Reaksi Warga

Kementrian Energi dan SumberDaya Mineral, akhirnya menerbitkan keputusan Nomor 441.K/30/DJB/2017 tentang Penyesuaian Tahap

Menteri ESDM Keluarkan Izin Produksi Batu Bara di HST, Begini Reaksi Warga
istimewa
tiga lokasi di Kabupaten HST, Balangan dan Tabalong 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, akhirnya menerbitkan keputusan Nomor 441.K/30/DJB/2017 tentang Penyesuaian Tahap Kegiatan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu Bara (PKP2B)  MCM menjadi tahap kegiatan operasi produksi.

Keputusan tersebut dikeluarkan untuk penambangan di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang meliputi Kecamatan Batangalai Timur.

SK yang ditandatangani atas nama Menteri ESDM, Dirjen mineral dan Batu bara, Bambang Gatot Ariyono, tertanggal 4 Desember 2017 lalu itu, jua ditembuskan kepada Bupati HST, Bupati Tabalong dan Bupati Balangan serta Direksi PT MCM.

Baca: Viral! Anak Ini Tiba dengan Rambut dan Alis Membeku di Sekolah, Perjuangannya Memilukan

Pada surat yang beredar di kalangan media itu Menteri ESDM memutuskan bahwa Perusahaan tersebut sudah bisa melakukan tahap kegiatan operasi produksi, yang artinya sudah boleh ditambang.

Adapun titik koordinat MCM untuk tahap kegiatan produksi tersebut, meliputi tiga lokasi di Kabupaten HST, Balangan dan Tabalong dengan total luas 5.908 hektar.

Pada Keputusan menteri ESDM itu, juga disebutkan, kegiatan operasi produksi diberikan sampai 2034 mendatang.

Baca: Di Tengah Kabar Bahagia Akan Menikah, Vicky - Angel Lelga Dilaporkan Farhat ke Polisi, Ini Kasusnya

Keputusan menteri tersebut, tentu saja membuat kaget sekaligus menimbulkan kemarahan dari warga HST, yang selama ini dengan tegas menolak alam Bumi Murakata dieksploitasi batu baranya, karena warga yakin penambangan tak membuat rakyat sejahtera, tapi malah menimbulkan kerusakan alam dan lingkungan serta dampak sosial masyarakat.

M Edwan Ansari Ketua Gabungan Masyarakat Pembela Murakata, menyatakan, konsistensi dan komitmen masyarakat akan terus diuji.

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help