Berita Banjarbaru

Mess L Ada Bakal Tak Seram Lagi, Bangunan Bersejarah di Banjarbaru Ini Segera Direnovasi

Mess L Ada Bakal Tak Seram Lagi, Bangunan Bersejarah di Banjarbaru Ini Segera Direnovasi

Mess L Ada Bakal Tak Seram Lagi, Bangunan Bersejarah di Banjarbaru Ini Segera Direnovasi
banjarmasinpost.co.id
Mess L Banjarbaru, bangunan bersejarah di Kota Idaman ini bakal segera direnovasi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sejak direncanakan pada 2017 lalu, akhirnya Mess L yang merupakan eks markas tentara Rusia bakal direnovasi. Sisa bangunan berupa sebagian dinding dan sebagian atap tersebut bakal diperbaiki bukan dibangun kembali.

Bangunan di Jalan Merpati tersebut ungkap Kadis PUPR Kota Banjarbaru, Jaya Kreshna bakal dibangun tahun ini juga, tepatnya pada Agustus ini.

"Paling cepat Agustus, dan kita harapkan bisa selesai akhir tahun ini, minta doanya warga semua agar bisa berjalan lancar," ujarnya, Selasa (05/06/2018).

Sebutnya sisa bangunan akan dipakai jika memungkinkan. Namun jika membahayakan bakal diperbaiki bahkan diganti.

Baca: Jadwal Buka Puasa Hari Ini 20 Ramadhan, Selasa 5 Juni 2018 di Jakarta, Bandung, Surabaya, Lainnya

Dengan merenovasi menurutnya Pemko Banjarbaru tak mengubah bangunan dan tak meninggalkan peninggalan bangunan yang sudah ada sejak 1963 lalu. Bahkan bentuk bangunan yang akan dibangun pun juga akan sama dengan bangunan lama.

Pihaknya berpedoman ke foto-foto Mess L yang dimiliki Pemko Banjarbaru. Bagian atap hingga lantai bakal dibangun sama dengan bangunan pada zaman dahulu.

Saat ini sebutnya pembangunan Mess L dalam tahap perencanaan dan lelang fisik. Bangunan nantinya akan dibangun dengan anggaran Rp 3,1 miliar.

Mess L nantinya bakal dijadikan dewan kesenian Banjarbaru untuk berkumpul. Ditanya mengenai seniman di Minggu Raya bakal dipindah ke Mess L, Jaya mengatakan itu merupakan kebijakan pimpinan atau wali kota.

Baca: Jadwal Buka Puasa dan Sholat Maghrib Hari Ini Hari ke 20  Ramadhan atau Selasa 5 Juni 2018

Selain bangunan yang akan direnovasi sebut Jaya takkan ada bangunan lain yang akan dibangun. Namun ia mengatakan dengan adanya renovasi, Mess L dipastikan takkan lagi disebut seram.

"Dijamin tahun depan sudah tidak angker lagi, apalagi jika nanti sudah diisi oleh dewan kesenian," tambahnya kepada Banjarmasinpost.co.id

Terkait guntung yang ada di belakang mess L, ia juga mengatakan renovasi Mess L takkan memengaruhi guntung. Aliran sungai kecil tersebut bakal tetap dipertahankan.

Mess L sendiri berluas sekitar 13.000 meter persegi, namun yang akan dimanfaatkan sebesar 6.987 meter persegi dengan total luas bangunan sebesar 837 meter persegi.

Mess L ini merupakan pinjam pakai Pemko Banjarbaru selama lima tahun ke TNI AU. Setelah lima tahun pinjam pakai masih bisa diperpanjang.

Mess L ini sendiri bakal dibangun dan diberinama Mess L Heritage Banjarbaru. (Banjarmasinpost.co.id /milna sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Royan Naimi
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved