OTT KPK

Terkait Proyek pembangunan PLTU Riau-1, Idrus Marham Dicecar 20 Pertanyaan Oleh Penyidik KPK

Menteri Sosial Idrus Marham, telah usai menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus suap proyek.

Terkait Proyek pembangunan PLTU Riau-1, Idrus Marham Dicecar 20 Pertanyaan Oleh Penyidik KPK
Ilham Rian Pratama
Menteri Sosial Idrus Marham 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Menteri Sosial Idrus Marham, telah usai menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus suap proyek pembangunan PLTU Riau-1.

Idrus diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Johannes Budisutrisno Kotjo selaku pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited.

Keluar pada pukul 18.50 WIB, Idrus langsung disambut oleh sejumlah jurnalis yang bermaksud menanyakan hasil pemeriksaan terhadap dirinya.

Baca: Hasil Persebaya vs Persib di Laga Tunda Liga 1 2018 - Skor 2-3 di Babak Kedua untuk Sementara

 "Sudah dilakukan ada sekitar hampir 20 pertanyaan yang disampaikan tadi secara keseluruhan. Dan semuanya saya sudah jelaskan seperti apa yang ditanyakan oleh penyidik sesuai dengan apa yang saya ketahui," ujar Idrus usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Namun, Idrus enggan menjelaskan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang ditanyakan oleh penyidik kepada dirinya.

Diberitakan sebelumnya, lembaga antirasuah tersebut telah menetapkan Eni dan salah satu pemegang saham Blackgold Natural Recourses Limited, Johannes Budisutrisno Kotjo. Eni diduga menerima uang sebesar Rp 4,8 miliar secara bertahap dari Johannes.

Baca: Capres-Cawapres Pilpres 2019 : Peneliti LIPI Sebut Jokowi Sulit Tentukan Cawapres

Saat operasi tangkap tangan (OTT) pada Jumat (13/7/2018) lalu, Eni menerima Rp 500 juta dari Kotjo. Uang tersebut adalah pemberian yang keempat.

Proyek pembangunan PLTU Riau-1 yang masuk dalam proyek 35 ribu Megawatt itu rencananya akan ditangani oleh Blackgold, PT Samantaka Batubara, PT Pembangkit Jawa-Bali dan China Huadian Engineering Co. Ltd.

Baca: Sedang Berlangsung! Live Streaming Indosiar Persebaya Vs Persib Bandung Laga Tunda Liga 1 2018

Meskipun KPK menyiratkan telah menemukan dugaan keterlibatan Idrus Marham dan Dirut PLN, Sofyan Basir dalam skandal kasus itu, namun sejauh ini baru Eni dan Kotjo yang dijerat KPK.

Idrus dan Sofyan pun berdasarkan informasi pernah melakukan pertemuan dengan Eni dan Kotjo. Alhasil KPK sempat menggeledah rumah Sofyan beberapa waktu lalu, mengingat tempat pertemuan mereka berlangsung di kediaman Sofyan Basir. KPK pun telah menyita CCTV.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jalani Pemeriksaan Kasus PLTU Riau di KPK, Idrus Marham Dicecar 20 Pertanyaan

Editor: Rendy Nicko
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help