Pilpres 2019

Pendaftaran Capres-Cawapres 2019 Dibuka Besok Sabtu 4 Agustus 2018, Siapa Pendaftar Pertama?

Pendaftaran Capres-Cawapres 2019 Dibuka Besok Sabtu 4 Agustus 2018, Siapa Pendaftar Pertama?

Pendaftaran Capres-Cawapres 2019 Dibuka Besok Sabtu 4 Agustus 2018, Siapa Pendaftar Pertama?
Kolase TRIBUNSOLO
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Pendaftaran Capres-Cawapres 2019 Dibuka Besok Sabtu 4 Agustus 2018, Siapa Pendaftar Pertama?

Jadwal pendaftaran calon presiden dan wakil presiden atau Capres-Cawapres 2019 berlangsung selama enam hari mulai Sabtu (4/8/2018) hingga Jumat (10/8/2018).

Adapun pemeriksaan kesehatan bagi calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pilpres 2019 dilaksanakan satu hari setelah pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baca: Nama Gubernur Jatim Soekarwo Muncul Ramaikan Pilpres 2019 Sebagai Pendamping Jokowi

KPU meminta para calon menjaga kondisi kesehatannya dengan tidak larut dalam euforia pendaftaran bersama pendukung.

Demikian diungkapkan Ketua KPU Arief Budiman dalam sosialisasi mekanisme pencalonan dan penjelasan petunjuk teknis pemeriksaan kesehatan untuk bakal capres dan cawapres oleh KPU, Jumat (3/8/2018) siang.

"Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan satu hari setelah pendaftaran. Makanya, jangan sampai nanti bakal pasangan calon hari ini daftar, kemudian kelelahan karena proses pendaftaran, kemudian bikin acara panjang dengan pendukungnya, padahal besok harus dilakukan pemeriksaan kesehatan. Ini penting diperhatikan," ujar Arief.

Arief belum dapat memastikan di rumah sakit mana pemeriksaan kesehatan bagi capres dan cawapres itu dilaksanakan. KPU sudah mengunjungi empat rumah sakit, yakni RSAL, RSCM, RSPAD dan RSAU.

"Hari ini kunjungannya sudah selesai dan kami mau melakukan konfirmasi bahwa rumah sakit tersebut sudah siap atau belum," ujar Arief.

Baca: Capres-Cawapres Pilpres 2019, Istri AHY Makan Siang dengan Anak Prabowo, Koalisi?

Tahapan Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, KPU sudah berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam hal pemeriksaan kesehatan capres dan cawapres ini.

Koordinasi itu meliputi, pertama, menyusun panduan teknis penilaian kemampuan rohani dan jasmani bakal capres cawapres.

Halaman
12
Editor: Royan Naimi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help