Berita Tanahlaut

Bukit Shanyang Bakal Dibuka Untuk Umum, Bisa Saksikan Indahnya Pemandangan Pantai Takisung

Bukit Shanyang di Desa Banua Tengah, Kecamatan Takisung menawarkan indahnya pemandangan pesisir pantai Takisung akan terlihat.

Bukit Shanyang Bakal Dibuka Untuk Umum, Bisa Saksikan Indahnya Pemandangan Pantai Takisung
istimewa
Warga Desa Banua Tengah dibantu aparat Bhabinkamtibmas dan Babinsa berfoto bersama seusai bergotong-royong membuat akses jalan menuju puncak Bukit Shanyang, Minggu (5/8/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI- Kabupaten Tanahlaut tak hanya punya hamparan pesisir pantai Takisung, tetapi juga punya deretan perbukitan dengan pemandangan yang indah. 

Satu diantaranya adalah, Bukit Shanyang di Desa Banua Tengah, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanahlaut. Bukit ini, adalah salah satu bukit yang rencananya akan dibuka untuk umum. Jika pengunjung berada diatas bukit, maka indahnya pemandangan pesisir pantai Takisung akan terlihat.

Kepala Desa Banua Tengah, Ismanu kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, Senin (6/8/2018) membenarkan rencana mereka membuka bukit Shanyang untuk umum. Pekan tadi, warga Desa Banua Tengah dibantu aparat Bhabinkamtibmas dan Babinsa bergotong-royong membuat akses jalan.

Akses jalan menuju puncak bukit Shanyang itu, bisa dibuka setelah pemilik lahan di kaki bukit bersedia menghibahkan lahannya untuk akses masuk.

Baca: BNPB Sebut Masih Ada Korban Gempa Lombok Terjebak di Reruntuhan Mesjid, Seperti di Video Viral?

Menurut Ismanu, Bukit Shanyang itu sejak 10 tahun lalu ditutup oleh pemilik lahan sehingga tidak lagi dikunjungi masyarakat.

"Saat ini kembali dibuka untuk masyarakat dan kedepan akan dikelola menjadi objek wisata alternatif pengunjung berwisata selain ke pantai Takisung," katanya.

Tokoh masyarakat Desa Banua Tengah, Ipda Munadi membenarkan bahwa pada 1993 hingga 1995, Bukit Shanyang itu menjadi obyek wisata.

"Saya selalu bertugas menjaga pengunjung yang mendaki bukit Shanyang. Kini dibuka lagi untuk umum sebagai destinasi wisata," katanya.

Baca: Kalah dari Martapura FC di Liga 2 2018, Pemain Persegres Gresik United Akui Martapura FC Lebih Siap

Menurut Ipda Munadi, pengunjung yang berada di puncak Bukit Shanyang itu dapat melihat pemandangan pesisir pantai Takisung dan desa sekitar dari ketinggian.

"Makanya kala itu setiap Sabtu dan Minggu, banyak pengunjung yang mendaki hanya sekedar melihat pemasangan dari atas bukit Shanyang," katanya. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help