Kondisi Terkini Panti Jompo di Kalsel

Kini, Panti Jompo di Kalsel Juga Ada Daftar Tunggu, Begini Fakta di PSTW

Baru sejak tahun 2000an sebut Selamet calon penghuni PSTW harus mendaftar terlebih dahulu untuk menjadi penghuni panti.

Kini, Panti Jompo di Kalsel Juga Ada Daftar Tunggu, Begini Fakta di PSTW
Istimewa
Jompo PSTW Budi Sejahtera diajak membaca Alquran 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Setiap tahun jumlah orang jompo terlantar di Kalsel semakin meningkat, seperti yang terjadi di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Sejahtera Kalsel di Kota Banjarbaru.

Ungkap Kasubag TU PSTW Budi Sejahtera, Selamet Riadi, Jumat (24/08/2018) kini jumlah keluarga yang ingin memasukkan orangtuanya ke PSTW semakin meningkat. Baru sejak tahun 2000an sebut Selamet calon penghuni PSTW harus mendaftar terlebih dahulu untuk menjadi penghuni panti.

Bahkan mereka harus mengisi daftar tunggu yang ada. Saat ini saja sudah ada belasan jompo yang mengisi daftar tunggu panti. Mereka harus menunggu ada warga panti yang meninggal agar bisa masuk menjadi anggota.

Baca: Akhirnya Presidium Gatot Nurmantyo Dukung Jokowi-Maruf Amin di Pilpres 2019, Ini Alasannya

Makin banyaknya yang berminat menjadi penghuni panti sebut Selamet karena usia harapan hidup meningkat, selain itu gizi yang juga dmwkain baik. Orangtua kini juga lebih panjang umur dan sehat badan.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Indosiar Perorangan Bulutangkis Hari Ini Jumat 24 Agustus, Ginting Main

Tingginya minat masuk ke panti jompo ini ujarnya juga menunjukkan masih banyak jompo terlantar yang ada di Kalsel. Terlantar bisa dalam bentuk ekonomi atau miskin termasuk keluarga si jompo yang juga tak mampu menghidupi si jompo. Disamping itu juga ada karena terlantar secara sosial yaitu terlantar di jalanan, dan terlantar karena diasingkan ke seberang sungai dan lain.nya.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Timnas U-23 Indonesia vs UAE 16 Besar Asian Games 2018 Hari Ini

Saat ini berdasarkan data PSTW orang jompo terbanyak di PSTW dari Kabupaten Banjar khususnya dari daerah Martapura. Kebanyakan yang menjadi penghuni panti adalah orang dari daerah lain di Martapura yang merantau ke Martapura dan diakhir hayatnya mengalami kemiskinan.

"Bisa juga karena daerahnya yang sangat luas," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Kini jumlah penghuni PSTW Budi Sejahtera ada 170 orang. Terdiri dari 110 di PSTW Budi Sejahtera Landasan Ulin dan 60 orang di PSTW Budi Sejahtera Martapura.

Sementara di Kalsel hanya ada tiga panti jumpo, yaitu PSTW Budi Sejahtera, Yayasan Uma Kandung dab satu lagi panti jompo yang ada di Kabupaten Tanahlaut.

(Banjarmasinpost.co.id /milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved