Serambi Mekkah

Guru Khalil Ucapkan Selamat Jalan Kepada Jemaah Kembali ke Daerah Asal

Pelaksanaan Haul ke-14 KH Zaini Abdul Ghani atau dikena Abah Guru Sekumpul yang puncaknya pada Minggu (10/3) sehabis Salat Maghrib berjalan lancar.

Guru Khalil Ucapkan Selamat Jalan Kepada Jemaah Kembali ke Daerah Asal
Humas Pemkab Banjar/Yani
Pelaksanaan Haul ke-14 KH Zaini Abdul Ghani atau dikena Abah Guru Sekumpul yang puncaknya pada Minggu (10/3/2019) sehabis Salat Maghrib berjalan lancar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA — Pelaksanaan Haul ke-14 KH Zaini Abdul Ghani atau dikena Abah Guru Sekumpul yang puncaknya pada Minggu (10/3) sehabis Salat Maghrib berjalan lancar. Jamaah Haul Abah Guru Sekumpul tahun ini meningkat dibanding tahun lalu.

Bahkan sebelum puncak haul digelar, jamaah membludak mengikuti haul pada Sabtu (9/3) malam. Kawasan sekumpul pada Minggu (10/3) sebelum Juhur sudah dipadati jemaah, puncak Haul ke-14 berpusat di Musalla Ar Raudhah, sehabis salat Maghrib.

Didahului pembacaaan ayat suci Al Quran yang dibacakan oleh H Fahrin selanjutnya Imam Musalla Ar Raudhah, H Sa’adudin memimpin haul didampingi kedua putra Guru Sekumpul Muhammad Amin Badali dan Ahmad Hafi Badali.

Bupati Banjar, Kepala Kemenag Kalsel dan para undangan saat pelaksanaan Haul ke-14 KH Zaini Abdul Ghani atau dikena Abah Guru Sekumpul yang puncaknya pada Minggu (10/3) sehabis Salat Maghrib berjalan lancar.
Bupati Banjar, Kepala Kemenag Kalsel dan para undangan saat pelaksanaan Haul ke-14 KH Zaini Abdul Ghani atau dikena Abah Guru Sekumpul yang puncaknya pada Minggu (10/3) sehabis Salat Maghrib berjalan lancar. (Humas Pemkab Banjar/Yani)

Turut hadir Bupati Banjar, H Khalilurrahman duduk dibarisan kedua, berbaur dengan para ulama dan habaib. Pria yang akrab disapa Guru Khalil itu pun khusu ikut larut dalam khidmatnya Haul Abah Guru Sekumpul.

Guru Khalil mengakui, jamaah tahun ini memang lebih banyak dibanding tahun lalu. Dirinya pun sudah mengarahkan SKPD/ OPD dilingkungan Pemkab Banjar untuk turut mensukseskan haul, terutama yang kantornya dekat dengan lokasi haul agar bisa digunakan jamaah.

Pelaksanaan Haul ke-14 KH Zaini Abdul Ghani atau dikena Abah Guru Sekumpul di Mushala Ar-Raudah Sekumpul Martapura yang puncaknya pada Minggu (10/3) sehabis Salat Maghrib berjalan lancar.
Pelaksanaan Haul ke-14 KH Zaini Abdul Ghani atau dikena Abah Guru Sekumpul di Mushala Ar-Raudah Sekumpul Martapura yang puncaknya pada Minggu (10/3) sehabis Salat Maghrib berjalan lancar. (Humas Pemkab Banjar/Yani)

Kabupaten Banjar sebagai tuan rumah, semaksimalnya memberikan pelayanan terbaik kepada tamu. Agar memberikan kesan yang positif bagi jamaah yang datang dari berbagai daerah di Indonesia bahkan mancanegara.

“Tidak sedikit kantor-kantor SKPD atau OPD yang bisa dimanfaatkan jemaah untuk menginap gratis. Tentunya dilengkapi dengan fasilitas wc, kamar mandi dan tempat wudhu,” imbuh Guru Khalil.

Bupati Banjar Guru Khalil, Kepala Kemenag Kalsel di antara para jemaah saat puncak Haul ke-14 Guru Sekumpul, Minggu (10/3/2019).
Bupati Banjar Guru Khalil, Kepala Kemenag Kalsel di antara para jemaah saat puncak Haul ke-14 Guru Sekumpul, Minggu (10/3/2019). (Humas Pemkab Banjar/Yani)

Dirinya mengucapkan selamat jalan kepada jemaah, kembali ke daerah asalnya dengan selamat dan kembali berkumpul bersama keluarga serta melanjutkan aktifitas seperti sediakala. Dirinya juga memohon maaf jika ada pelayanan yang kurang maksimal, dan tahun depan pelayanan akan lebih ditingkatkan lagi. (*/AOL)

Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved