Berita Banjar

NEWSVIDEO : Asyiknya Mancing Berkelotok Sambil Susur Danau Riam Kanan

Waduk Riam Kanan yang berlokasi di Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar merupakan ‘syurga’ bagi para pemancing dari berbagai penjuru di Kalsel.

BANJARMASINPOST.CO.ID,MARTAPURA- Waduk Riam Kanan yang berlokasi di Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar merupakan ‘syurga’ bagi para pemancing dari berbagai penjuru di Kalsel.

Tak heran jika waduk ini, khususnya Sabtu dan Minggu, dipenuhi para pemancing, baik yang ketagihan maupun penasaran akan sensasi strike berbagai jenis ikan air tawar di waduk terbesar di Kalsel itu.

Ya, memancing ikan di waduk Riam Kanan menawarkan sensasi tersendiri. Bahkan bisa bikin ketagihan mereka yang sudah mencobanya.

Baca: Pencarian Korban Longsor Pendulangan Hingga Malam,  Kapolres Bersama Warga Gelar Doa Bersama

Baca: Debat Kelima Pilpres 2019 Live TVOne, ANTV, Beritasatu TV dan NET TV, Jokowi-Maruf Gelar Simulasi

Baca: Terungkap Reino Barack Sempat Ragu Akan Nikahi Syahrini, Ini yang Dilakukan Ipar Aisyahrani

Selain view panorama alam waduk yang memanjakan mata, deru mesin kelotok menyisir danau yang menjangkau spot-spot pancing di antara bukit-bukit kecilnya, melengkapi kepuasan sensasi memancing di Riam Kanan ini.

Apalagi pemancing bisa langsung menikmati hasil pancingan memasaknya langsung dan rameai-ramai makan di kelotok.

Belum lagi kejutan-kejutan strike dari berbagai jenis ikan yang menyambar umpan mata kail. Danau waduk Riam Kanan yang selama ini menjadi sumber pembangkit listrik, PLTA PM Noor memasok listrik banua ini, memang menjadi habitat yang subur bagi perkembangan jenis ikan sungai semisal nila, ikan mas, kalui (gurame), adungan (hampala), tauman, haruan (gabus), dan sebagainya. Danau ini pun juga menjadi tempat budidaya ikan tawar sistem keramba.

Nah, untuk menuju spot mancing ini, rombongan bertolak di dermawa Riam Kanan di Desa Tiwinganlama. Di sini, setiap paginya, mulai pukul 05.30 Wita puluhan kelotok sudah siap menunggu. Jadi pemancing tak perlu khawatir, jasa kelotok siap menunggu dan melayani kedatangan rombongan pemancing ataupun yang sekadar berwisata di Riam Kanan.

Fuad (30) warga Martapura, Banjar, yang biasa mancing di Riam Kanan, mengatakan, untuk memancing di Riam Kanan ada baiknya mengajak teman-teman dalam satu rombongan. Dengan begitu, biaya carter kelotok bisa lebih ringan karena dikeroyok secara patungan.

“Tarif jasa angkutan kelotok untuk pemancingan sekitar Rp 500 ribu. Bisa juga kurang atau lebih, tergantung jauh dekat spot pancing dan besar kecilnya kelotoknya. Tapi umumnya tarif dipatok Rp 500 ribu,” ucap Fuad.

Wahyu (35) pemancing lainnya, warga Banjar, mengaku setiap kali mancing di Riam Kanan selalu membawa bekal beras serta bumbu rempah. Bukan tanpa alasan, bekal itu buat santap siang dengan menu ikan hasil pancingan yang dimasak di kelotok.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Akhyar
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved