Bumi Sanggam

Programkan Pelatihan Gratis Balangan Kompeten,  Pemkab Balangan Targetkan Latih 1.300 Orang

Program Balangan Kompeten sejak tahun 2018 lalu telah dicanangkan Bupati H Ansharuddin untuk menghadapi dunia persaingan kerja.

Programkan Pelatihan Gratis Balangan Kompeten,  Pemkab Balangan Targetkan Latih 1.300 Orang
humas pemkab balangan
Pencanangan program balangan kompeten 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Selain memperhatikan sektor pendidikan formal untuk mencapai peningkatan kualitas sumber daya manusia, Pemkab Balangan juga tak memaksimal akses pendidikan informal.

Sebuah terobosan Program Balangan Kompeten dengan tujuan menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten dalam menghadapi persaingan kerja dan wirausaha, tahun 2018 lalu telah dicanangkan Bupati H Ansharuddin.

Ketua Balangan Kompeten, Slametno, menjelaskan, program ini merupakan sebuah program yang bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Balangan melalui kursus, pelatihan dan sertifikasi profesi.

"Kendala selama ini sebelum ada Balangan Kompeten masyarakat harus jauh-jauh ke BLK yang ada di Mantimin,Batumandi ataupun SKB di Paringin," katanya.

Dengan program Balangan Kompeten ini masyarakat tidak susah lagi karena ini bisa menjangkau sampai ke pelosok.

Berjalannya program ini mendapat sokongan dari beberapa stakeholder, di antaranya, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Balangan, Disdik Provinsi Kalsel, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Selain itu juga mendapat dukungan dari berbagai lembaga pelatihan dan kursus yang tersebar di seluruh desa di Balangan, sehingga bisa menjangkau masyarakat di pelosok yang selama ini kesulitan untuk mendapatkan akses.

Setelah dicanangkan di tahun 2018, Balangan Kompeten telah memberikan pelatihan gratis untuk 1.200 orang dan serfikasi profesi untuk 200 orang.

Untuk tahun 2019, Balangan Kompeten mentargetkan bisa memberikan pelatihan gratis untuk 1.300 orang dan 300 peserta untuk sertifikasi profesi. (AOL)

Penulis: Dony Usman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved