Berita Banjar

Komputer Minim, SMPN 3 Martapura Gelar UNBK di Tempat Ini

Meski berada di tengah kota, namun SMPN 3 Martapura belum ditopang sarana dan prasaran memadai terutama dalam hal perangkat komputerisasi

Komputer Minim, SMPN 3 Martapura Gelar UNBK di Tempat Ini
istimewa/H Rudy Ante
SERUAN - Panitia UNBK SMPN 3 Martapura memajang seruan khusus yang ditempel di dinding ruang ujian di SMKN 2 Martapura. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Meski berada di tengah kota, namun SMPN 3 Martapura belum ditopang sarana dan prasaran memadai terutama dalam hal perangkat komputerisasi.

Karena itu pula, pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini (2019), mereka kembali belum bisa melaksanakannya secara mandiri.

Tahun ini adalah tahun kedua bagi mereka kembali numpang di sekolah lain untuk melaksanaan ujian nasional.

"Kami numpang di SMKN 1 Martapura di kawasan Sekumpul Ujung. Lumayan jauh juga jaraknya dari sekolahan kami," ucap Kepala SMPN 3 Martapura, Rudi Ante, Senin (22/04/2019).

Ia mengatakan sarana prasarana penunjang UNBK di sekolahnya belum memadai.

"Saat ini kami baru memiliki sekitar 40 unit komputer, sedangkan jumlah murid kami yang mengikuti UNBK sebanyak 255 orang.  Jadi, kami masih perlu sekitar 90 unit komputer lagi. Mudah-mudahan tahun depan kami bisa melaksanakan UNBK secaar mandiri," tandasnya.

Dikatakannya, pelaksanaan UNBK di SMKN 1 Martapura terlaksana secara lancar.

"Alhamdulillah sejauh ini lanca-lancar saja, tak ada gangguan berarti menyangkut internet maupun tegangan listrik," tandasnya.

Teknis pelaksanaannya dibagi tiga sesi. Pertama, dimulai pukul 08.00 Wita dan sesi terakhir tuntas pukul 16.00 WIta.

"Setidaknya setengah jam sebelum ujian dimulai, peserta ujian harus sudah berada di tempat. Masing-masings sesi durasinya dua jam dan ada jeda pada jam istirahat siang," sebut Rudi.

Ia optimistis murid-muridnya mampu menjawab soal secara baik. Pasalnya selama ini pihaknya telah melakukan persiapan secara maksimal, mulai dari kegiatan les atau tambahan jam pelajaran hinga kegiatan latihan menjawab soal.

"Kemarin sudah dilaksanakan les dan try out. Selain itu juga ada jam nol pagi yang dilaksanakan selama beberapa pekan sebelumnya," tandas Rudi.

Jam nol, bebernya, yakni kegiatan tambahan berupa belajar bersama menjawab soal-soal yang diprediksi bakal muncul pada UNBK.

Kegiatan ini dilaksanakan sebelum jam pelajaran dimulai yakni digelar pada pukul 07.00 Wita hingga 07.30 WIta. Lalu dilanjutkan setelah kegiatan belajar yakni pukul 14.00 Wita hingga sekitar pukul 16.00 Wita

Sementara itu peserta UNBK SMPN 3 Martapura semuanha serius menjawab soal-soal ujian. Beberapa orang dari mereka mengaku optimistis bisa meraih hasil yang baik.

"Alhamdulillah bisa menjawab semua soal dengan waktu yang tersedia. Mudahan bagus hasilnya," ucap salah seorang murid SMPN 3 Martapura.(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved