Gurihnya Soto Banjar Bang Amat, Masaknya Serba 4 Jam

Agar rasanya enak, ternyata soto ini harus dimasak serba empat jam.

banjarmasin post.co.id/Yayuk Fathilal
Soto Banjar Bang Haji Amat atau lebih dikenal sebagai Soto Bang Amat 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Soto Banjar adalah kuliner khas Banjarmasin. Soto Banjar di Banjarmasin banyak yang menjualnya, namun yang paling dikenal adalah Soto Banjar Bang Haji Amat atau lebih dikenal sebagai Soto Bang Amat.

Alamatnya di Jalan Banua Anyar nomor 6, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Posisinya di dekat Jembatan Banua Anyar, bersisian dengan Sungai Martapura.

Warung soto ini sudah dikenal sejak lama karena kesedapan rasa soto Banjarnya. Tak heran jika warung ini selalu dipenuhi tamu dan kerap dijadikan destinasi wisata kuliner bagi mereka yang hendak mencicipi kuliner khas orang Banjar ini.

Salah satu pelangannya adalah Surya yang tampak lahap memakan soto tersebut. Dia kerap membawa sanak keluarganya yang tinggal jauh dari Banjarmasin ke warung soto ini.

"Sotonya enak, gurih dan porsinya besar. Puas makannya. Bisa plus seporsi sate juga," sebutnya.

Pengunjung lainnya, Siti, mengaku sudah beberapa kali ke mari. "Biasanya bersama teman-teman atau keluarga. Yang bikin kangen itu satenya, enak banget disantapnya sama soto Banjar," ujarnya.

Rasa kuah sotonya terasa sedang asinnya. Ditambah lagi dengan potongan daging ayam yang terasa masak dan empuk hingga ke dalam. Dagingnya tidak alot sehingga mudah dipotong dengan sendok dan garpu.

Daging sate ayamnya pun terasa empuk di lidah. Bumbu satenya terasa menyatu dengan daging.

Menurut Pemilik Warung Soto Bang Haji Amat, Shafwati, nama warungnya ini diambil dari nama suaminya yang juga pemilik warung ini, yaitu Haji Amat atau Bang Amat. Warung ini sudah beroperasi sejak 13 tahun lalu.

Dulu hanya berupa warung kecil. Modal awalnya pun hanya Rp 5 juta dan sotonya sering tak laku. "Dulu menghabiskan seekor ayam untuk dijual jadi bahan soto saja susahnya minta ampun," sebutnya.

Halaman
12
Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Ratino Taufik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved