Lahan Terbakar Picu Serangan Monyet di RSJ Sambang Lihum

Tak cuma monyet, beberapa kali juga terlihat penampakan hewan endemis asli Kalimantan, bekantan.

Lahan Terbakar Picu Serangan Monyet di RSJ Sambang Lihum
banjarmasinpost.co.id/rahmadhani
Kepala BKSDA Seksi II Banjarbaru Ridwan (kiri), Direktur RSJ Sambang Lihum Dharma Putra (tengah) dan Kepala BKSDA Kalsel Andi Lukito meninjau keberadaan monyet yang menyerang rumah sakit 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Serangan ratusan monyet ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum di Jalan Lingkar Utara Gambut Kabupaten Banjar, dirasakan marak pascakebakaran lahan yang melanda hutan sekitar rumah sakit pada musim kemarau pertengahan hingga akhir tahun 2015 lalu.

Direktur RSJ Sambang Lihum Dharma Putra mengatakan, sebelum kebakaran lahan marak terjadi hanya terlihat beberapa monyet saja.

"Ya itu, mereka yang bakar lahan, monyet jadi korban, kita juga jadi korban. Rumahnya monyet habis, kita yang kena imbas kemarahan monyet," katanya Selasa (26/1/2016) siang.

Tak cuma monyet, beberapa kali juga terlihat penampakan hewan endemis asli Kalimantan, bekantan.

Namun menurut petugas keamanan rumah sakit, bekantan yang dikenal sebagai hewan pemalu tak mau mendekat, hanya mamantau dari kejauhan.

Sementara Kepala BKSDA Kalsel Andi Lukito mengatakan faktor utama serangan monyet ini sendiri memang makin berkurangnya habitat para monyet dan bekantan ini akibat kebakaran lahan.

"Sebagian lahan di belakang rumah sakit memang milik pemerintah, kawasan hutan lindung. Tapi lebih banyak lahan swasta," jelasnya.

Pihaknya sendiri akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Banjar serta Dinas Kehutanan Kalsel untuk bisa segera mengambil langkah.

"Nanti bagaimana apakah dilakukan relokasi, atau melestarikan lagi kawasan hutan lindung yang ada. Kita tanami dengan buah-buahan makanan untuk monyet dan bekantan," ujarnya.

Diduga lantaran kekurangan makanan, ratusan monyet ekor panjang menyerbu Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum di Jalan Linkar Utara Gambut Kabupaten Banjar sejak beberapa bulan terakhir.

Halaman
12
Penulis: Rahmadhani
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved