BPBD Kapuas Bangun 20 Titik Sumur Bor di Daerah Rawan Kebakaran

Adapun rencana lokasi sumur bor yang dibuat, yaitu di Kecamatan Kapuas Hilir, Bataguh, Basarang, Selat, Kapuas Timur, Kapuas Murung dan di Kecamatan D

BPBD Kapuas Bangun 20 Titik Sumur Bor di Daerah Rawan Kebakaran
banjarmasinpost.co.id/jumadi
Petugas melakukan pemadaman dari kebakaran lahan di Kualakapuas 2015 lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Memudahkan mencari air pada saat terjadi kebakaran lahan dan hutan maupun kebakaran rumah penduduk serta pertokoan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas bakal membuat puluhan titik sumur bor di daerah rawan bencana tersebut.

Kepala BPBD melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Kabupaten Kapuas Seflihi, mengatakan, puluhan sumur bor tersebut akan dibangun tahun ini. Dananya bersumber dari anggaran daerah.

"Bangun sumur bor ini untuk memudahkan petugas memadamkan kebakaran lahan, hutan maupun rumah dan toko. Biasanya para petugas pemadam kebakaran kesulitan untuk mendapatkan air. Dengan tersedianya sumur-sumur bor ini, tentunya akan mengurangi kesulitan dari petugas pemaadam kebakaran saat menjalankan tugasnya melakukan pemadaman api yang membakar," terang Seflihi.

Adapun rencana lokasi sumur bor yang dibuat, yaitu di Kecamatan Kapuas Hilir, Bataguh, Basarang, Selat, Kapuas Timur, Kapuas Murung dan di Kecamatan Dadahup. Daerah kecamatan-kecamatan ini setiap memasuki musim kemarau, rawan kebakaran lahan dan hutan.

Sedangkan untuk di dalam Kota Kualakapuas, kondisi sama. Para petugas pemadam juga kesulitan mencari sumber air dikarenakan tidak adanya hidran untuk mengambil air.

Padahal sudah beberapa kali mengusulkan agar dibagun hidran sebanyak 20 titik. Namun hingga sekarang tidak ada tanggapan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Terpisah, Direktur PDAM Kapuas, Widodo, yang pernah dikonfirmasi atas permintaan BPBD mengaku masih mempertimbangan. Sebab dana yang dikeluarkan cukup besar.

"Saat ini kami hanya memiliki satu hydran di Pasar Danau Mare. Kedepan akan diperbanyak," tutup dia. (jd)

Penulis: Jumadi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved