Umar bin Khatab, Khalifah yang Ditakuti Iblis Pun Hanya Diam Ketika Diomeli Istri

Sahabat utama Rasulullah SAW ini dikenal sangat pemberani, tegas dan jujur hingga dalam sebuah riwayat disebutkan ketika Umar hendak melintas

net
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sahabat utama Rasulullah SAW ini dikenal sangat pemberani, tegas dan jujur hingga dalam sebuah riwayat disebutkan ketika Umar hendak melintas di sebuah gang, para jin dan iblis yang berada di sana terpaksa harus menyingkir karena takut.

Tetapi, Umar bin Khatab pula yang dikenal sebagai seorang sosok suami dan ayah yang sangat menghargai kedudukan seorang istri.

Hingga suatu hari ada seorang sahabat yang mendatangi Umar hendak curhat tentang istrinya yang bawel, namun sahabat tadi terhenti tepat di pekarangan rumah Umar dan mendengar sang khalifah itu sedang diomeli istrinya.

Dan, sahabat tadi pun mengurungkan niatnya dengan pikiran seorang Umar saja sebagai khalifah tetap diomeli istri.

Namun, Umar bin Khatab memiliki landasan mulia mengapa dia hanya diam mendengarkan sang istri ngomel.

Ini, menurut Ihsan Baihaqi seorang motivator Islami, lantaran sang khalifah menyadari betul bahwa istrinya kelelahan sapanjang hari mengurus anak-anak dan keperluan keluarga di rumah. Dan, itu dilakukan terus menerus.

“Dia, istriku sudah memelihara anak-anak-ku dengan kesabaran dan cintanya. Inilah yang dikatakan Umar bin Khatab tentang istrinya yang mengomel tadi,” ujar Baihaqi.

Boro-boro Umar ikutan marah dia malah berterima kasih dan memuji apa yang sudah diberikan sang istri dalam hidupnya.

Penulis: Umi Sriwahyuni
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved