NEWSVIDEO

Satu Hektare Lahan Pinggiran Trans Kalimantan Diduga Disengaja Dibakar

Kuat dugaan kebakaran yang terjadi tersebut disenghaja oleh pihak tertentu yang ingin merusak lingkungan dan mencemarkan udara di Palangkaraya.

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA- Kebakaran lahan yang terjadi di Kalimantan Tengah memasuki musim kemarau tahun ini makin tak terkendali. Lebih parah kebakaran terjadi kebanyakan di pingiran jalan umum khususnya jalur trans Kalimantan.

Kuat dugaan kebakaran yang terjadi tersebut disenghaja oleh pihak tertentu yang ingin merusak lingkungan dan mencemarkan udara di Palangkaraya.

Kebakaran kembali terjadi, Jumat (12/8/2016) Pukul 14.30 wib di Jalan Bukit Sungkai (Jalan masuk lokalisasi) masih di jalan Tjilik Riwut km 12 Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Api membakar sekitar 1 hektare Lahan berumput serasah atau lahan belukar yang dipenuhi ilalang sehingga sangat merepotkan petugas pemadam kebakaran untuk memadamkannya.

Sempat berjibaku dengan api selama dua jam, tim pemadam kebakaran BPK Swakarsa berhasil menjinakkan api dengan menerjunkan empat tim Relawan Karhutla dari BPK Pandohop Palangkaraya, Fire Rescue Borneo, Tagana Kalteng dan Manggala Agni.

Parahnya, tak berapa lama berselang, ketika api dilokasi pertama berhasil ditaklukkan, tim kembali mendapat laporan terjadi kebakaran Kebun dengan ukuran 20 meter x 30 meter dijalan Tjlik Riwut km 8,2 Palangkaraya. Untung saja, api berhasil dijinakkan sekitar 20 menit setelah tim relawan Karhutla turun ke lokasi memadamkan lahan terbakar tersebut.

Ketua Tim Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Kalteng, Kolonel Arh Purwo Sudaryanto, menegaskan, bagi pembakar lahan pihaknya tidak akan tinggal diam, jika ketahuan tangkap tangan membakar akan diproses hukum.

"Kami mensinyalir kebakaran yang terjadi dipinggiran jalan diduga memang disengaja oleh pihak tertentu, kami ingatkan, semua komanan kodim untuk mengawasi wilayahnya masing-masing dan menangkap pembakar lahan." katanya. (Banjarmasin Post/Faturahman/istimewa)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved