NEWSVIDEO

Penumpang Pelabuhan Batulicin Keluhkan Jarak Terminal dan Dermaga

Jarak antara posisi dermaga dengan terminal penumpang Pelabuhan Samudra Batulicin Kabupaten Tanahbumbu Kalsel, yang mencapai 100 meter

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Jarak antara posisi dermaga dengan terminal penumpang Pelabuhan Samudra Batulicin Kabupaten Tanahbumbu Kalsel, yang mencapai 100 meter sering dikeluhkan penumpang.

Apalagi Jauhnya arak antara dermaga dengan terminal penumpang tersebut tidak dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang memadai.

Sehingga bila hari panas penumpang kepanasan, dan bila hujan penumpang akan kehujanan.

Ranti, salah seorang penumpang yang hendak pulang ke Masalembu, mengatakan, jauhnya jarak antara terminal penumpang dan dermaga membuatnya sangat kewalahan.

"Dari terminal penumpang menuju kapal jaraknya cukup jauh. Biasanya terminal penumpang dan kapal berdekatan tapi di Batulicin sini jaraknya cukup jauh. Apalagi selain membawa barang saya juga membawa anak-anak," kata Ranti, Kamis (22/9/2016).

Dia mengharapkan, agar ada solusiterhadap permasalahan tersebut.

Sementara itu, Manager Pelindo III Kawasan Batulicin, Tri Sugiyanto tidak membantah dengan keadaan jauhnya jarak terminal ke dermaga tersebut.

Kedepannya, sudah ada perencanaan pembangunan ruang tunggu terminal penumpang dan akan berpindah dari tempat sebelumnya.

"Saat ini untuk terminal penumpang sedang tahap proses lelang untuk pemadataan lahan yang luasnya sekitar satu hektar. Lokasinya pun agak lebih maju dan dekat sekali dengan dermaganya," katanya.

Bukan hanya pembangunan terminal penumpang, namun juga ada penambahan panjang dermaga sekitar 100 meter. Karena sejauh ini, hanya cukup satu kapal yang bisa bersandar.

"Perlu proses. Untuk terminal penumpangnya harus melewati beberapa tahapan lagi dan memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Proses pembuatan terminal penumpang mulai dari pemadatan, perkerasan dan pembangunanan. Diperkirakan 2018 sudah terbangun," katanya. (Banjarmasin Post/Man Hidayat)

Penulis: Herliansyah
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved