Seputar Kalimantan

Pipa Pertamina Bocor, Warga Sangasanga Berebut Minyak Mentah

Saking banyaknya jumlah minyak yang mengalir Dayat mengaku warga yang bahu-membahu menampung hingga sekitar pukul 14:30 mendapatkan kurang lebih 2 ton

Pipa Pertamina Bocor, Warga Sangasanga Berebut Minyak Mentah
Facebook/Jelan Right
Ilustrasi - Video kebocoran pipa yang diunggah seorang netizen, Rabu (31/8/2016). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SANGASANGA -- Bocornya pipa sumber lama milik PT Pertamina EP Asset 5 Field Sangasanga sempat membuat heboh warga sekitar di Jalan Budiono RT 02, Kelurahan Sangasanga Muara, Kecamatan Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, Jumat (23/12/16).

Sebelum pihak berwenang tiba, pipa sumur tua yang mengalami kebocoran sejak pukul 11.30 Wita ini sempat dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk menampung minyak mentah yang tumpah ke parit hingga mengalir ke sungai.

Muhammad Dayat, warga yang rumahnya berada dua meter dari lokasi kebocoran mengungkapkan, warga yang mengetahui kabar ini langsung buru-buru pergi menampung minyak mentah yang tumpah ruah.

"Minyak mentah yang keluar berwarna hitam dan berbau tajam, tadi warga sempat menampung dimasukin ke drum dan gentong-gentong," ujar Dayat kepada Tribunkaltim.co.

Saking banyaknya jumlah minyak yang mengalir Dayat mengaku warga yang bahu-membahu menampung hingga sekitar pukul 14:30 mendapatkan kurang lebih 2 ton minyak mentah.

Setiba di lokasi, Dayat menjelaskan pihak Pertamina yang datang dengan membawa mobil tangki dilengkapi penyedot terlebih dahulu membuat kolam penampungan.

"Pertamina bikin kolam, di samping sumur yang bocor. Dari sumur yang bocor ini kemudian disedot pakai alat terus dipindahkan ke dalam kolam," katanya.

Pantauan hingga kini, minyak mentah yang berasal dari sumur tua yang sudah lama tidak aktif ini masih terus mengalir.(*)

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved