Berita Kalteng

Memprihatinkan, Ternyata Orang Gila Masih Banyak Dipasung Keluarganya di Seruyan

Di Kabupaten Seruyan,Kalimantan Tengah ternyata aksi memasung orang yang mengalami kelainan kejiwaan masih saja terjadi.

Memprihatinkan, Ternyata Orang Gila Masih Banyak Dipasung Keluarganya di Seruyan
net
ilustrasi orang dipasung 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SERUYAN - Tindakan sadis dalam memperlakukan orang yang mengalami sakit jiwa masih terjadi di Kalimantan Tengah dengan cara memasungnya agar tidak mengganggu orang lain.

Informasi terhimpun di Kabupaten Seruyan,Kalimantan Tengah ternyata aksi memasung orang yang mengalami kelainan kejiwaan masih saja terjadi.

Bahkan kabarnya hingga saat ini masih ada belasan orang gila di Seruyan yang terpaksa dipasung oleh keluarga agar tidak mengganggu orang lain."Terpaksa di pasung sebab jika dibiarkan berkeliaran,akan mengganggu orang,"ujar H Anwar, salah satu warga seruyan,Selasa (26/9/2017).

Berdasarkan data  Dinas Sosial setempat terdata penderita gangguan  jiwa di Kabupaten Seruyan hingga tahun 2017 ini mencapai 73 orang dan 20 orang diantaranya, di pasung oleh keluarganya.

Baca juga: Operasional Perusahan Galian Pasir di Teluk Sampit Rusak Kawasan Wisata Ujung Pandaran

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Seruyan, Mujiyem, mengakui,  pihaknya berupaya memberikan pengertian kepada krluarganya."Penderita gangguan jiwa atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) memang masih ditemukan ,"ujarnya.

Ada 73 orang penderita gangguan jiwa.  Dari jumlah tersebut, ditemukan 20 orang penderita keterbelakangan mental yang masih dalam kondisi terpasung,, meski sebagian sudah dilepas oleh keluarganya," ujarnya. (*)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved