Berita Hulu Sungai Utara

Bahaya! Debit Sungai di HSU Kembali Naik

Curah hujan di Kabupaten HSU akhir akhir ini memang cukup sering, hujan deras dalam waktu cukup lama.

Bahaya! Debit Sungai di HSU Kembali Naik
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati
debit air di sungai negara yang merupakan pertemuan antara sungai Tabalong dan Sungai balangan saat ini sudah mulai meluap 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Curah hujan di Kabupaten HSU akhir akhir ini memang cukup sering, hujan deras dalam waktu cukup lama. Ditambah dengan kiriman air dari sungai kabupaten tetangga membuat debit air kembali naik.

Dan benar saja debit air di sungai negara yang merupakan pertemuan antara sungai Tabalong dam Sungai balangan saat ini sudah mulai meluap meski tak sampai menimbulkan banjir parah.

Sungai negara yang melintasi kecamatan Amuntai Tengah sudah tampak meluap ke belakang rumah warga. Dan sebagian besar merupakan kiriman dari sungai Tabalong.

Baca: Hasil Timnas U-19 Indonesia Vs Jepang - Skor Akhir 1-4, Gol Hiburan Pemain Debutan

Beberapa warga yang tinggal dipinggiran sungai juga telah mengalami banjir. Seperti Imi warga Paliwara yang mengaku bagian dapur sudah kembali bajir selama dua hari. "Hanya bagian dapur, karena rumah di depan sudah ditinggikan," ungkapnya.

Banjir ini sudah kesekian kali selama musim penghujan dan saat ini meskopun sudah menunjukkan peralihan musim kemarau namun jika ada air kiriman dan curah hujan tinggi debit sungai masih bisa dengan mudah naik.

"Barang barang di dapur memang sengaja diletakkan di atas, agar tidak terkena air saat banjir," ujarnya.

Baca: Hasil Akhir Persebaya Vs Perseru Liga 1 2018 - Skor 1-0, Untung Ada Robertino Pugliara

Baca: Hasil Akhir Pusamania Borneo FC vs Sriwijaya FC Liga 1 2018 - Skor 0-0, Cuma Berbagi Poin

Terpisah BPBD HSU Udin mengatakan saat ini memang debit air cukup tinggi. Namun kiriman air hanya dari Subgai Tabalong sehingga sungai Negara masih bisa menampung dan mebgalirkan ke hulu.

"Berharap debit sungai Balangan tidak ikut naik agar tidak terjadi banjir lagi," ungkapnya.

Namun pihaknya terua berkoordinasi dengan BPBD dari kabupaten tetangga untuk melaporkan kondisi sungai di daerah masing masing.

Beberapa daerah yang menjadi langganan banjir seperti Kecamatan Banjang dari luapan sungai balangan serta Kecamatan Amuntai Utara dan Haur Gading luapan dari sungai Tabalong. Pihak BPBD juga terus mengimbau kepada warga untuk waspada jika terjadi banjir.

Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved