Berita Kalteng

KPU Ingatkan Gugatan Bisa Dilakukan Jika Selisih Suara Kurang Dua Persen

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, akan melakukan rapat pleno untuk menentukan pemenang Pilwako

KPU Ingatkan Gugatan Bisa Dilakukan Jika Selisih Suara Kurang Dua Persen
tribunkalteng.co/fathurahman
Ketua KPU Kota Palangkaraya, Eko Riyadi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, akan melakukan rapat pleno untuk menentukan pemenang Pilwako Palangkaraya, Kamis (5/7/2018) mendatang di Hotel Aquarius Palangkaraya.

Ketua KPU Kota Palangkaraya, Eko Riyadi, Sabtu (30/6/2018) mengatakan, pihaknya masih melakukan perhitungan surat suara secara manual di tingkat kecamatan, dan akan melakukan rapat pleno tingkat KPU tanggal 5 Juli 2018 mendatang.

Baca: Kini Pembuatan Kartu Kuning untuk Pencari Kerja Bisa Lewat Online, Simak Caranya di Sini

Menurut Eko, saat pihaknya ingin melakukan rapat pleno di tingkat kecamatan Jekanraya Palangkaraya ternyata menghadapi kendala, karena perhitungan yang dilakukan oleh KPPS eror, karena terjadi kesalahan penempatan surat suara yang terpakai dan tidak terpakai.

Baca: Miris, Fenomena Bowo Tik Tok Viral, Ada yang Rela Jual Ginjal Demi Beli Tiket Meet & Great

"PPK akan melakukan croscheck data dan membetulkannya, dengan memanggil panwas dan saksi, sehingga kurun waktu 28 Juni sampai 4 Juli 2018 rapat pleno di tingkat kecamatan bisa selesai, dan akan berlanjut pada rapat Pleno tingkat KPU," ujarnya.

Baca: Heboh Pemukulan Sopir Taksi Online di Bandara Syamsudin Noor Disebut Hoax, Ini Fakta Sebenarnya

Eko juga mengatakan, pihaknya mempersilakan kepada paslon yang merasa keberatan dengan hasil Pilwako setelah dilakukan rapat pleno, karena ada ruang waktu bagi paslon melakukan gugatan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Tapi saya ingatkan, gugatan terhadap hasil Pilwako Palangkaraya bisa saja dilakukan asalkan selisih suara yang diperkarakan kurang dari dua persen, karena jika lebih dari itu,maka akan ditolak oleh Mahkamah Konstitusi," ujarnya.

www.banjarmasinpost.co.id/faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved