Berita Tanahlaut

Arif Mukhyar Tunggu Sanggahan Hasil Penghitungan Suara, Sebelum Tetapkan Pemenang Pilkada Tanahlaut

Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanahlaut periode 2018-2023 berlangsung aman dan lancar.

Arif Mukhyar Tunggu Sanggahan Hasil Penghitungan Suara, Sebelum Tetapkan Pemenang Pilkada Tanahlaut
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Arif Mukhyar, Ketua KPU Kabupaten Tanahlaut 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanahlaut periode 2018-2023 berlangsung aman dan lancar.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tanahlaut pun sudah menetapkan hasilnya, pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Sukamta dan Abdirahman unggul dengan meraih suara 109.899 dan paslon nomor urut 2, Bambang Alamsyah dan Ahmad Nizar, kalah karena hanya meraih suara 65.220.

Namun, Sukamta dan Abdirahman belum dapat dikatakan sebagai pemenang Pilkada serentak di Kabupaten Tanahlaut, sebelum menunggu tiga hari masa sanggahan terhadap hasil rekapitulasi suara yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanahlaut.

Baca: Maia Estianty Terapi Al Fasdhu Hingga Buat Darah Mengalir, Ini Loh Manfaatnya

Arif Mukhyar, Ketua KPU Kabupaten Tanahlaut seusai menutup rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pilkada tingkat Kabupaten membenarkan penetapan pemenang Pilkada menunggu waktu sanggahan.

Ditanya kapan penetapan paslon pemenang Pilkada 2018 di Kabupaten Tanahlaut, Arif Mukhyar mengaku KPU Kabupaten Tanahlaut punya waktu tiga hari setelah hasil penetapan suara diumumkan.

Setelah penetapan rekapitulasi suara, hari ini hingga tiga hari kedepan menunggu sanggahan dari pasangan calon di Mahkamah Konstitusi.

Baca: Aplikasi Tik Tok Diblokir Kominfo, Cania Anak Tik Tok Buat Surat Terbuka, Terus Apa Hasilnya?

Menurut Arif Mukhyar, jika tidak ada sanggahan di Mahkamah Konstitusi, maka KPU Tanahlaut akan langsung menetapkan pasangan calon pemenang Pilkada serentak di Kabupaten Tanahlaut 2018 ini.

Tempat pelaksanaan kegiatan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara berlangsung di Aula Hotel Sinar di Jalan KH Mansyur, Kelurahan Angsau, Kecamatan Pelaihari, Rabu (4/7/2018), sekitar pukul 10.00 Wita.

Diawali bernyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya, doa bersama dipandu pejabat dari Kementerian Agama Kabupaten Tanahlaut, rapat pleno terbuka rekapitulasi suara dibuka Arif Mukhyar.

Baca: Jadwal Pendaftaran CPNS 2018, Ini Bocoran Soal Seleksi CPNS 2018, Dijamin Bukan HOAX

Masing-masing Ketua dan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan membacakan hasil rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan secara bergantian di 11 Kecamatan.

Saksi paslon nomor urut 1, Ikhwan Hariri dan saksi paslon nomor urut 2, Ustadz Zainul Abidin membubuhkan tandatangan di sertifikat hasil rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Kabupaten.

(Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved