LLDikti Wilayah XI

LLDkti Wilayah XI Kalimantan Sosialisasikan SISTER Kepada PTS di Kalsel dan Kalteng

LLDikti Wilayah XI Kalimantan gelar kegiatan sosialisasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegritas (SISTER).

LLDkti Wilayah XI Kalimantan Sosialisasikan SISTER Kepada PTS di Kalsel dan Kalteng
istimewa
Acara Pembukaan Sosialisasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegritas (SISTER) kepada Perguruan Tinggi Swasta se-Kalimantan Selatan dan Tengah oleh LLDkti Wilayah Kalimantan, Hotel Golden Tulip Galaxy, Banjarmasin Senin (30/7/2018) pagi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek Dikti RI) Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XI Kalimantan gelar kegiatan sosialisasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegritas (SISTER) kepada Perguruan Tinggi Swasta se-Kalimantan Selatan dan Tengah.

Acara ini dihelat di Ballroom Neptunus, Hotel Golden Tulip Galaxy, Banjarmasin, Senin (30/7/2018) pagi.

Menurut undangan yang disebar, kegiatan ini akan diikuti oleh 248 Peserta. Yang terdiri dari unsur pimpinan Perguruan Tinggi (PT), Dosen, Operator PDDikti dari berbagai perguruan tinggi swasta yang ada di Kalimantan Selatan dan Tengah.

Baca: Postingan Terakhir Pendaki Gunung Rinjani Asal Malaysia yang Tewas, Buat Menteri Olahraga Berduka

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala LLDikti XI Wilayah Kalimantan, Prof Idiannor Mahyudin. Dalam Sambutan dirinya mengatakan tentang pentingnya integrasi dalam perguruan tinggi.

"SISTER Ristekditi atau Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi dikembangkan oleh Kemenristekdikti RI, Setiap dosen memiliki berbagai informasi terkait dengan aktivitas tridarma, mulai dari latar belakang pendidikan, aktivitas pengajaran, aktivitas penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat, dan aktivitas pendukung. Seringkali data-data formal terkait aktivitas-aktivitas tersebut masih berhamburan, tidak terarsip dengan baik, sehingga apabila diperlukan kesulitan dalam menemukannya. SISTER ini bertujuan untuk meningkatkan karier dosen, meningkatkan mutu dosen dan merekam setiap aktivitas dosen dalam menjalankan Tridharma," tuturnya.

Baca: Link Live Streaming PS Tira vs Persib Bandung Liga 1 2018

Melalui SISTER, portofolio juga dapat dipakai untuk proses-proses pengembangan karir dosen. Data yang ada di portofolio dapat diklaim dalam proses penilaian angka kredit, sertifikasi dosen dan proses lainnya. Kemudian asesor/reviewer melakukan penilaian aktivitas dan produk yang telah diklaim tersebut.

"Hal ini nantinya untuk mempermudah mencari data-data para dosen. Dan ini sudah terintegrasi semuanya. Mulai dari PTS, LLDikti, hingga ke Kemenristekdikti. Sehingga nanti membantu, mempercepat ,dan memudahkan karir dosen," jelasnya pada banjarmasinpost.co.id saat ditemui seusai pembukaan.

"Untuk saat ini pesertanya masih dari PTS. Karena ini masih program terdahulu sebelum nama lembaganya berubah menjadi LLDkti, karena sebelumnya masih Kopertis," ungkapnya.

Baca: Link Live Streaming Madura FC vs Persiba Balikpapan Liga 2 2018 Via Youtube Mulai Pukul 16.00 WIB

Dirinya menargetkan di akhir tahun semua PTS sudah menggunakan aplikasi atau sistem SISTER ini. "Di Kalimantan ini ada sekitar 179 Perguruan Tinggi Swasta, sedangkan untuk di Kalsel ada 46 PTS," ucapnya.

Selanjutnya dalam acara ini, pengarahan juga diberikan oleh Tim Sister Kemenristekdikti, Direktorat Sumber Daya Iptek Dikti, Muhammad Komarudin.

Muhammad Komarudin menyampaikan latar belakang perbaikan layanan dalam sumber daya di Kemenristekdikti. Dengan banyaknya berkas yang diajukan untuk kenaikan pangkat di kementerian, menumpuknya arsip berkas sumber daya, banyaknya aplikasi sumberdaya sebelumnya. Maka dikembangkanlah SISTER, sebuah sistem informasi yang akan mengintegrasikan sumber daya yang ada di Kemenristekdikti.

Baca: Capres-Cawapres Pilpres 2019 - SBY ke Rumah Prabowo Bersama Ibas, Kemana AHY?

"SISTER sudah terintegrasi dengan Aplikasi PD Dikti, SERDOS, dan SINTA sehingga akan mereduksi kesalahan dalam pengisian data, portofolio histori Tridharma, memberikan informasi terkait pengembangan sumber daya, memberikan informasi untuk kebutuhan peningkatan kualitas sumber daya dan Kompetensi setiap wilayah," ujarnya pada siaran pers yang diterima banjarmasinpost.co.id.

"Kesungguhan pengisian data pada SISTER oleh PTN, PTS dan masing masing Kopertis, akan sangat membantu kementerian dalam pengembangan kompetensi tenaga pengajar, pengambilan kebijakan pemerintah khususnya Kemenristekdikti dalam menyalurkan beasiswa, dan program peningkatan sumber daya," jelasnya.

(banjarmasinpost.co.id/airul syahrif)

Penulis:
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved