Berita Kabupaten Banjar

Pertahankan Surplus Beras, Pemkab Banjar Gencarkan Optimalisasi Lahan

Berbagai upaya dilakukan guna mempertahankan kondisi itu, sekaligus meningkatkannya. Salah satu strategi optimalisasi lahan pertanian.

Pertahankan Surplus Beras, Pemkab Banjar Gencarkan Optimalisasi Lahan
Banjarmasinpost.co.id/idda royani
Petani di Kabupaten Banjar semangat meningkatkan usahatani padi mereka 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Hingga saat ini produksi di Kabupaten Banjar masih cukup berlimpah sehingga selalu surplus.

Berbagai upaya dilakukan guna mempertahankan kondisi itu, sekaligus untuk meningkatkannya. Salah satu strategi yang dilakukan yakni melakukan optimalisasi lahan pertanian.

Tahun ini optimalisasi lahan persawahan setidaknya mencapai luasan 700 hektare. Rinciannya, 500 hektare di lahan rawa di wilayah Pesayangan, dan 200 hektare di lahan pasang surut di dua desa di Kecamatan Beruntungbaru.

"Saat ini optimalisasi lahan sawah itu masih berlangsung. Kami bekerjasama dengan TNI. Alhamdulillah petani juga sangat antusias," ucap Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar HM Fachry, Minggu (28/10/2018).

Baca: Siarang Langsung Trans7 MotoGP Australia 2018 - Aksi Dua Pebalap Ini jadi Perhatian Valentino Rossi

Dijelaskannya, optimalisasi tersebut kegiatannya berupa penataan atau pembenahan saluran pengairan. Tujuannya agar tata air di persawahan lancar sehingga mampu meningkatkan produktivitas sekitar 30 persen.

"Jika semula misalnya dalam satu borong cuma menghasilkan 5 blek, maka melalui gerakan optimalisasi tersebut panenan padi naik menjadi 7-10 blek," sebut Fachry.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved