Banjarbaru Berinovasi

Ini para Juara Apresiasi dan Menulis Cerpen Gebyar Literasi

Lomba Mengapresiasi Cerpen dan Lomba Menulis Cerpen tak sekadar mengenalkan sastra kepada siswa, tetapi untuk mengajak siswa belajar menganalisis

Ini para Juara Apresiasi dan Menulis Cerpen Gebyar Literasi
Foto oleh Balai Bahasa Kalimantan Selatan
Lomba Mengapresiasi Cerpen dan Lomba Menulis Cerpen 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Lomba Mengapresiasi Cerpen dan Lomba Menulis Cerpen tak sekadar mengenalkan sastra kepada siswa, tetapi untuk mengajak siswa belajar menganalisis dan mengkaji karya sastra.

Hal ini disampaikan oleh Musdalipah, ketua panitia lomba dalam rangkaian Gebyar Literasi 2018 yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Kalimantan Selatan 29 Oktober--2 November 2018.

"Selama ini kami rutin menyelenggarakan Sayembara Penulisan Cerpen, kali ini kami mencoba lomba yang berbeda. Yakni Lomba Mengapresiasi Cerpen bagi Siswa SLTA se-Kalimantan Selatan dan Lomba Menulis Sinopsis Cerpen bagi Siswa SLTP se-Kalimantan Selatan," tutur Musda.

Alasan pemilihan lomba yang berbeda dari biasanya ini adalah ingin mengajak para siswa belajar menganalisis dan mengkaji karya sastra, khususnya cerpen.

Pada lomba mengapresiasi, peserta dari berbagai kota dan kabupaten di Kalimantan Selatan ini membaca dan menganalisis cerpen yang disediakan.

Selanjutnya, peserta menentukan berbagai unsur intrinsik dan ekstrinsik yang membangun cerpen tersebut.

Pada lomba menulis sinopsis, peserta dari berbagai wilayah ini membaca cerpen yang disediakan dan membuat sinopsisnya.

Lomba Mengapresiasi Cerpen, juara 1 adalah Ade Tiara Rosalinda (SMK Telkom Banjarbaru), Juara 2 adalah Mima Artha Mevia (SMK Telkom Banjarbaru), Juara 3 adalah Sephia Putri Septian (SMAN 1 Banjarmasin), Juara harapan 1 adalah Hartadi Prayuda (MA Wali Songo), Juara harapan 2 adalah Puteri Salsabila Irhasni (MAN 4 Banjar), Juara harapan 3 adalah Nor Najwa (SMAIT Qardhan Hasana Banjarbaru).

Sementara Lomba Menulis Sinopsis, juara 1 adalah Nurhidayah (MTsN 9 Banjarmasin), Juara 2 adalah Gressia Deasy Ariyani Hawini (SMP Sanjaya Banjarbaru), Juara 3 adalah Aisyaturridho (SMPN 2 Banjarbaru), Juara harapan 1 adalah Hellena Nathalia (SMP Sanjaya Banjarbaru), Juara harapan 2 adalah Shada Nadhira Pohan (SMP Plus Citra Madinatul Ilmi Banjarbaru), Juara harapan 3 adalah Shafa Khairunnisa (SMPIT Robbani Banjarbaru).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Rahmah Khairita hadir dan sekaligus membuka Gebyar literasi, di Aula Balai Bahasa Kalimantan selatan, Senin (29/10) tadi.

"Saya senang dan bangga bisa hadir dan membuja Gebyar literasi. Diikuti anak-anak yang wakili daerahnya masing-masing se Kalsel. Ingat Keberhasilan seseorang itu, karakter dan pengetahuan. Karakter moral dan kinerja, prestasi penting tapi kejujuran lebih utama, tidak halalkan segala cara untuk capai segala keberhasilan," pesannya. (*/AOL)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved