Breaking News:

SMKPPN Banjarbaru

Penuh Khidmat, SMKPP Negeri Banjarbaru Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018

Upacara peringatan sumpah pemuda yang ke 90 tahun ini wajib bagi semua pegawai SMKPP Negeri Banjarbaru dan para siswa yang masih bersekolah

SMKPP Negeri Banjarbaru
Upacara peringatan sumpah pemuda ke 90 diikuti pegawai SMKPP Negeri Banjarbaru dan para siswa. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sumpah Pamuda adalah bagian dari cikal bakal pergerakan kemerdekaan Indonesia. Para tokoh pemuda pada 1928 berikrar dan menyuarakan semangat cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Sumpah Pemuda itu adalah keputusan dari Kongres Pemuda yang digelar di Jakarta (dulu masih Batavia). Keputusan pemuda malam itu bersepakat membangun kebangsaan dalam tanah air Indonesia, Bangsa Indonesia, dan Bahasa Indonesia.

Maka dari itu SMKPP Negeri Banjarbaru sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Kementerian Pertanian dan juga pelaksana kegiatan pendidkan di Kalimantan Selatan, diwajibkan untuk melaksanakan Upacara peringatan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2018.

Upacara peringatan sumpah pemuda yang ke 90 tahun ini wajib bagi semua pegawai SMK-PP Negeri Banjarbaru dan tentunya para siswa yang masih bersekolah di SMKPP Negeri Banjarbaru.

Pelaksanaan Upacara di SMK-PP Negeri Banjarbaru dilaksanakan pada pukul 7.35 Wita di lapangan upacara SMKPPN Banjarbaru. Petugas upacara semuanya dari siswa, sedangkan untuk pembina upacara Kepala Sekolah SMK-PP N Banjarbaru, Suherman.

“Hari ini 90 tahun yang lalu ada ikrar dari para pemuda Indonesia untuk menyatukan Indonesia, seperti yang kalian tahu yaitu: Berbangsa Satu Bangsa Indonesia, Berbahasa Satu Bahasa Indonesia, Bertanah Air Satu Tanah Air Indonesia,” ujar kepala sekolah dalam sambutannya.

Tema Sumpah Pemuda kali ini adalah ‘Bangun Pemuda, Satukan Indonesia’. Melalui tema tersebut, kepala sekolah mengajak guru untuk fokus kepada pendidikan, mendidik siswa agar siswa terampil dan memiliki pengetahuan tentang ilmu pertanian, sedangkan untuk siswa agar fokus untuk belajar.

“Saya ingin mendarahdagingkan semangat Sumpah Pemuda kepada karakter kita masing-masing, sesuai dengan tema ‘Bangun Pemuda, Satukan Indonesia’, diharapkan memiliki dua sifat: pertama berdaya saing, yang kedua berkarakter, apa itu berkarakter yaitu beraqlak yang baik, disiplin, jujur, disiplin, ulet dan pantang menyerah,” kata kepala sekolah.

Melalui upacara Hari Sumpah Pemuda ini juga, sebagai pengingat bagi kita bahwa bangsa kita pernah memiliki pergerakan dalam memperjuangkan kemerdekaan yang di cikal bakali oleh para pemuda.

Perlu diketahui bahwa sejak 1959, tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda, yaitu hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 untuk memperingati peristiwa Sumpah Pemuda. (aol)

Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved