Ramai ramai Budidaya Tanaman Hidroponik

Modal Awal Mahal, Hidroponik, Pertanian Modern Yang Hemat Lahan Hasilnya Mudah Dijual

Pengembangan Pertanian sayuran dengan metode hidroponik juga disarankan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Tengah.

Modal Awal Mahal, Hidroponik, Pertanian Modern Yang Hemat Lahan Hasilnya Mudah Dijual
Tribun Kalteng/Fathurahman
Petugas penyuluh dari BPTP Kalteng memperkenalkan tanaman hidroponik. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Pengembangan Pertanian sayuran dengan metode hidroponik juga disarankan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Tengah, untuk di rumah warga.

Pengembangan jenis tanaman hidroponik sangat mudah di dilakukan, meskipun biaya awal pengembangan tanaman tersebut memang memerlukan modal terutama membeli peralatan untuk pengembanganya.

"Diperlukan pipa paralon, dan beberapa alat atau wadah keperluan lainnya termasuk listrik untuk pembangkit alat untuk pengolahan air dan melarutkan nutrisi ke tanaman tersebut," ujar Krisyetno, salah seorang penyuluh pertanian dari BPTP Kalteng, Jumat kemarin.

Baca: Budidaya Tamanan Hidroponik Bisa Jadi Tambahan Penghasilan untuk Keluarga

Baca: Sayuran Hidroponik Digemari Dokter Karena Sehat Tidak Tercampur Zat Kimia

Dikatakan dia, pengembangan tanaman hidroponik dinilainnya cukup bagus, karena hemat lahan dan pola penanamannya pun juga modern sehingga sangat cocok dilakukan di kawasan perumahan di perkotaan.

"Memang untuk modal awal pengembanganya memerlukan dana yang lumayanlah, karena harus beli pipa dan kelengkapan lainnya, tapi itu awalnya saja setelah itu hanya mengembangkan tanamannya saja dalam waktu lama," ujarnya.

Dia menjelaskan, jika panen tanaman hidroponik akan banyak menghasilkan uang , karena jenis tanaman seperti sawi dan selada pasti banyak dicari orang sehingga usaha tersebut sangat potensial di kebangkan."Makanya kami terus memberikan pengetahuan tentang tanaman hidroponik tersebut," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved