KalselPedia

KalselPedia : Mulai Digunakan Sejak 1978, Inilah Rutan Klas II B Tanjung

Gedung Rutan Tanjung yang mulai digunakan pada tahun 1978, dibangun pada tahun 1977 dengan luas bangunan 2.705 m2.

KalselPedia : Mulai Digunakan Sejak 1978, Inilah Rutan Klas II B Tanjung
HO/Kemenkumham Kalsel
Rutan Tanjung (Rutan Kelas IIB Tanjung) 

BANJARMASINPOST.CO.ID,TABALONG - Rumah Tahanan Negara Klas IIB Tanjung yang beralamat di Jalan Jaksa Agung Suprapto No. 74 Tanjung Kabupaten Tabalong, merupakan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan dengan wilayah kerja di Kabupaten Tabalong dengan luas wilayah keseluruhan 3.599,95 Km2 dan jumlah penduduk lebih kurang 223.813 jiwa.

Gedung Rutan Tanjung yang mulai digunakan pada tahun 1978, dibangun pada tahun 1977 dengan luas bangunan 2.705 m2.

Secara keseluruhan bangunan Rutan Tanjung terdiri dari blok perkantoran seperti ruang pimpinan, ruang staf dan Gudang, Blok Pembinaan seperti aula, masjid, koperasi, klinik dan bengkel kerja.

Suasana di halaman dalam Rutan Tanjung, Desa Maburai kecamatan Murung Pudak, Tabalong. Foto dirilis Selasa (20/2/2018)
Suasana di halaman dalam Rutan Tanjung, Desa Maburai kecamatan Murung Pudak, Tabalong. Foto dirilis Selasa (20/2/2018) (BANJARMASINPOST.co.id/dony usman)

Kemudian Blok hunian terdiri dari blok Narapidana dan Tahanan, asrama anak, kamar wanita, mapenaling dan Sel. jumlah kamar sebanyak 9 buah dan terdapat 2 buah sel pengasingan. klinik 1 buah, masjid 1 buah, aula 1 buah, ruang perpustakaan 1 buah, ruang bengkel kerja 1 buah dan dapur 1 buah.

Wilayah kerja yang cukup luas dan kecendrungan peningkatan angka kriminalitas di tengah masyarakat, mengakibatkan Rutan Tanjung mengalami kelebihan daya tampung yang cukup tinggi. Rutan yang dulunya dibangun untuk menampung 76 orang ini, per tanggal 31 Desember 2018 dihuni oleh 197 orang, Dengan demikian telah mengalami tekanan over kapasitas sampai 262.1%.

Tiga warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau napi di Lapas Tanjung (Rutan Tanjung), Kabupaten Tabalong mendapat tugas yang spesial, Jumat (17/3/2017) pagi.
Tiga warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau napi di Lapas Tanjung (Rutan Tanjung), Kabupaten Tabalong mendapat tugas yang spesial, Jumat (17/3/2017) pagi. (dony usman)

Struktur Kepegawaian :
Kepala Rutan : Rommy Waskita Pambudi, Sh.,MH.
Kasubsi Pengelolaan : Dina Narulita, S.Sos
Kasubsi Pelayanan Tahanan : Syarifullah, S.Sos
KPR : Syamsuri, S.Sos.

(banjarmasinpost.co.id/irfani)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved