Bumi Bersujud

Tanbu Peringati HUT Damkar, Satpol PP, Sat Linmas Tingkat Kabupaten

Upacara peringatan berlangsung di halaman kantor Bupati Tanbu, Senin (1/4/2019). Di pimpin Wakil Bupati H Ready Kambo sekaligus sebagai inspekstur upa

Tanbu Peringati HUT Damkar, Satpol PP, Sat Linmas Tingkat Kabupaten
diskominfo tanbu
Wakil Bupati Tanbu H Ready Kambo memimpin upacara peringatan HUT Damkar, Satpol PP dan Sat Linmas tingkat kabupaten. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanahbumbu menggelar upacara peringatan HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) Ke-100, Sat Pol PP Ke-69 dan Sat Linmas Ke-57 Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Tanbu.

Upacara peringatan berlangsung di halaman kantor Bupati Tanbu, Senin (1/4/2019). Di pimpin Wakil Bupati H Ready Kambo sekaligus sebagai inspekstur upacara.

Hadir Sekretaris Daerah H Rooswandi Salem, pejqbat teras Pemkab Tanahbumbu dan aparatur sipin negara (ASN) dari seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Petugas pemadam kebakaran, unsur anggota Satpol PP serta anggota Sat Linmas.

Sambutan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang dibacakan Wakil Bupati H Ready Kambo, mengajak seluruh elemen bangsa Indonesia untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi pancasila yang menjadi sarana pemersatu bangsa, dalam upaya mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.

Dikatakanya, sebagaimana diketahui bersama, negara Indonesia akan memasuki agenda nasional yang sangat penting, menjadi puncak indikator kualitas penyelenggaraan demokrasi Indonesia, yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan legislatif secara serentak.

Untuk itu, mengajak seluruh anak bangsa untuk bersama-sama menjaga kualitas penyelenggaraan pemilu, agar berjalan sesuai dengan kaidah-kaidah demokrasi, luber dan jurdil serta bermartabat.

“Mari kita jaga pemilu ini dengan sebaik-baiknya, kita harus berada dibarisan terdepan dalam melawan “Racun Demokrasi”, yaitu politik uang, politisasi SARA, serta penyebaran ujaran kebencian, fitnah, dan hoaks. Sehingga proses demokrasi ini, nantinya akan melahirkan pemimpin bangsa, yang berkiblat kepada kepentingan masyarakat, serta bangsa dan negara Indonesia,” ujarnya.

Terlebih, mengharapkan aparatur Damkar, Sat Pol PP dan Linmas, dapat berperan dengan menjaga ketenteraman dan ketertiban umum dalam proses demokrasi ini.

Juga dapat mengawal proses demokrasi sampai ke tingkat masyarakat, dengan tetap siaga menjaga keamanan fasilitas pemerintahan, fasilitas umum, dan objek vital masyarakat lainnya.

“Namun begitu, dengan sungguh-sungguh saya ingatkan bahwa seluruh Aparatur Sipil Negara harus menjaga netralitas dalam proses pemilihan umum ini,” pintanya.

Mengakhiri sambutan, Ia (Mendagri) juga menginstruksikan kepada seluruh Kepala Daerah dan para pemangku kepentingan yang terkait untuk melakukan penguatan penyelenggaraan ketenteraman ketertiban umum di daerah melalui beberapa langkah kongkrit yang harus dilakukan.

Di antaranya dengan melakukan penguatan kapasitas kelembagaan, dengan membentuk Dinas Pemadam Kebakaran yang mandiri dan tidak tergabung dengan perangkat daerah lainnya, serta Penguatan SatPol PP dan Sat Linmas.

Disamping itu, daerah juga dapat melakukan penguatan kapasitas sumber daya aparatur.

Secara kuantitas terpenuhi kebutuhan jumlah aparatur, secara kualitas terjamin kompetensi aparatur melalui berbagai pendidikan dan pelatihan, termasuk didalamnya jenjang karir dan kesejahteraan aparatur.

“Pemerintah daerah juga perlu memperhatikan alokasi anggaran yang memadai bagi pencapaian target Standar Pelayanan Minimal, dengan mempedomani Peraturan Menteri Dalam Negeri yang berkaitan dengan penyusunan RKPD dan APBD,” pungkasnya. (aol)

Penulis: Herliansyah
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved