Berita Banjarbaru

Cuaca Ekstrem Mengintai Sepanjang April, Masyarakat Waspada di Musim Pancaroba

Masyarakat pun perlu waspada, sebab Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan kondisi ini berlangsung sepanjang April.

Cuaca Ekstrem Mengintai Sepanjang April, Masyarakat Waspada di Musim Pancaroba
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Ilustrasi - Mendung terus menggelayuti langit Tanahbumbu, Jumat (10/1/2014). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sepanjang April cuaca ekstrem mengintai. Hujan deras disertai angin kencang rutin terjadi di sejumlah daerah. Bahkan sampai ada inisden longsor mengakibatkan lima orang di Pumpung Meninggal karena tertimpa longsor. .

Masyarakat pun perlu waspada, sebab Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan kondisi ini berlangsung sepanjang April.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Seksi Observasi dan Informasi pada BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Syamsudin Noor, Riza Arian Noor.

Diungkapkan dia, cuaca ekstrem yang terjadi di sepanjang bulan ini dipengaruhi oleh adanya daerah pertemuan angin atau konvergensi di wilayah Kalsel.

Baca: Bekas Kerukan Sungai Basirih Tegerus, Siswa SDN Basirih 10 Kembali Harus Hindari ini

Baca: Satresnarkoba Polres HSU Gerebek Pelaku Peredaran Sabu, Lima Paket Sabu Ditemukan

"Selain itu, kondisi atmosfer lapisan atas yang masih cukup lembab turut mendukung pertumbuhan awan-awan hujan dan awan konvektif (kumulonimbus) yang dapat menghasilkan hujan lebat disertai angin kencang serta petir," lontarnya.

Menurut Riza, sapaanya, dua fenomena itu berpotensi terjadi hingga akhir April ini. Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat waspada jika ada tanda-tanda akan turun hujan deras disertai angin kencang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel Wahyudin menuturkan, berdsarkan prediksi BMKG tersebut, April masuk masa pancaroba seperti ini biasanya sering terjadi puting beliung dan hujan deras disertai angin kencang serta petir.

"Karena itu saya mengimbau supaya masyarakat waspada terhadap setiap kemungkinan yang terjadi, akibat cuaca ekstrem. Segera lapor pihak penanggulangan bencana jika terjadi bencana. Agar kita dapat secepatnya melakukan tindakan," kata dia.

Bahkan dalam pekan awal di April, cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari terakhir mengakibatkan sejumlah daerah terendam banjir. termasuk minggu kemarin di Halong. Balangan.(banjarmasinpost.co.id/Lis)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved