KalselPedia

KalselPedia : Profil Universitas Muhamadiyah Banjarmasin (UMB), Berkonsep Kampus Terapung

Universitas Muhammadiyah Banjarmasin adalah satu perguruan tinggi di Banjarmasin, Kalsel. Saat ini tersedia dua gedung atau lokasi untuk kampusnya.

KalselPedia : Profil Universitas Muhamadiyah Banjarmasin (UMB), Berkonsep Kampus Terapung
Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Kampus terapung Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Foto diambil Sabtu (5/5/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Universitas Muhammadiyah Banjarmasin adalah satu perguruan tinggi yang ada di Banjarmasin, Kalsel. Saat ini tersedia dua gedung atau lokasi untuk kampus yang disingkat UMB tersebut.

Sebagai kampus utama, yakni di Jalan Gubernur Syarkawi, Kabupaten Barito Kuala, Kalsel. Sementara kampus awal yang kini menjadi kampus dua berada di Jalan S Parman, Banjarmasin, Kalsel.

Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, atau UM Banjarmasin adalah perubahan bentuk dari STIKES Muhammadiyah Banjarmasin. Bermula dari Akademi Perawat Muhammadiyah Banjarmasin yang didirikan berdasarkan SK Menkes RI nomor: HK.00.06.1.1.1721 tanggal 18 Juni 1996.

Dua tahun kemudian mendapat perpanjangan izin dengan SK Menkes nomor: HK.00.06.1.1.3.372. tanggal 15 Juli 1998, dan perpanjangan izin untuk lima tahun berikutnya dengan SK Menkes nomor: HK.00.06.1.3.1087 tanggal 13 April 2000.

Gedung Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Foto diambil Kamis (4/5/2018)
Gedung Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Foto diambil Kamis (4/5/2018) (BANJARMASINPOST.co.id/isti rohayanti)

Status Akademi Keperawatan ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Banjarmasin pada tanggal 31 Oktober 2003 dengan diterbitkannya surat persetujuan pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Banjarmasin sesuai SK Mendiknas RI nomor: 189/D/O/2003 dengan Program Studi S1 Keperawatan dan D3 Keperawatan.

Sejalan dengan perkembangan dan peningkatan kebutuhan tenaga kesehatan STIKES Muhammadiyah Banjarmasin tahun 2006 menambah dua program studi yaitu D3 Kebidanan dan D3 Farmasi, tahun 2011 membuka Program Studi S2 Keperawatan spesialisasi Keperawatan Gawat Darurat.

Hingga saat ini UM Banjarmasin telah memiliki 5 fakultas untuk program studi sarjana (S1).

Antara lain meliputi Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi serta Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Disamping itu, universitas ini juga membuka program studi S-2 (Pascasarjana).

Dimana terdapat program S2 Keperawatan Konsentrasi Keperawatan Gawat Darurat dan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan.

Program studi lain yang ditawarkan adalah D3 Kebidanan, D3 Keperawatan Kelas Reguler, D3 Keperawatan Kelas Internasional dan D3 Farmasi. Total terdapat 15 Program studi dari semua fakultas yang ada.

Ribuan peserta upacara bendara 17 Agustus memadati kampus Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB) di Desa Semangat Karya, Kecamatan Alalak, Kabupaten Batola, Jumat (17//8/18).
Ribuan peserta upacara bendara 17 Agustus memadati kampus Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB) di Desa Semangat Karya, Kecamatan Alalak, Kabupaten Batola, Jumat (17//8/18). (banjarmasin post group/ edi nugroho)
Halaman
123
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved