Berita HSU

Permudah Pengelolaan dan Pemanfaatan, HSU Usulkan Tebing Liring Jadi TPA Tunggal

TPA Tebing Liring, Desa Tebing Liring, kecamatan Amuntai Utara, Kabupaten HSU, saat ini dalam proses pengusulan menjadi TPA tungga

Permudah Pengelolaan dan Pemanfaatan, HSU Usulkan Tebing Liring Jadi TPA Tunggal
banjarmasinpost.co.id/dony usman
TPA Tebing Liring, Desa Tebing Liring, kecamatan Amuntai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), saat ini dalam proses pengusulan menjadi TPA tunggal. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI- Tempat pembuangan sampah, TPA Tebing Liring, Desa Tebing Liring, kecamatan Amuntai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), saat ini dalam proses pengusulan menjadi TPA tunggal.

Usulan ini telah disampaikan Pemkab HSU melalui Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten HSU ke Kementerian PUPR.

Kepala Dinas Perkim dan LH HSU, Rusnaidy, yang ditemui, Selasa (7/5/2019), membenarkan saat ini pihaknya ada mengirimkan usulan terkait status TPA Tebing Liring.

Baca: Doa Khusus Bulan Ramadhan Agar Dikabulkan, Ini Waktunya

Baca: Teguran Ivan Gunawan Untuk Nikita Mirzani Saat Tanyakan Pernikahan pada Vicky Nitinegoro

Baca: Komentar Mengejutkan Nassar Perihal Pernikahan Muzdalifah dan Fadel Islami, Enggan Ikut Campur?

"Iya surat permohonan sudah kita kirimkan ke kementerian," katanya.

Disampaikannya, dalam usulan pihaknya menginginkan agar TPA Tebing Liring bisa menjadi TPA tunggal yang pengelolaannya dilakukan Kabupaten HSU.

Ini karena TPA Tebing Liring ini merupakan TPA dengan status sebagai TPA regional yang diperuntukan untuk wilayah HSU, Balangan dan Tabalong.

Apabila status TPA Tebing Liring bisa menjadi TPA tunggal yang dikelola HSU, maka imbuhnya, akan bisa mempermudah dalam hal pengelolaan dan pemanfaataannya.

Baik itu terkait pemeliharaan alat pendukung yang ada di TPA Tebing Liring dan juga pemanfaatannya agar bisa menambah PAD.

Diketahui saat ini TPA Tebing Liring yang luasnya mencapai 7, 036 hektare dan sampah dari HSU yang masuk sekitar lebih 45 ton dalam sehari.

Untuk persoalan sampah ini telah dibuat sebuah kegiatan yang diberi Gerakan Hulu Sungai Utara (HSU) Barasih yang sudah dibuat kebijakan dan strategi daerah 2025 HSU bebas sampah,

Gerakan sejalan dengan kebijakan dan strategi nasional (jakstranas) yang mentargetkan tahun 2025 pengurangan sampah mencapai 100 persen.

Dengan pola ini maka volume sampah yang masuk ke TPA Tebing Liring akan bisa dikurangi dari jumlah volume yang ada saat ini.

Aktivitas daur ulang sampah plastik di TPA Tebing Liring
Aktivitas daur ulang sampah plastik di TPA Tebing Liring (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Bila ini bisa diwujudkan maka umur TPA akan menjadi lebih panjang dan pembebanan anggara pengelolaan TPA bisa diefektifkan untuk kegiatan pengelolaan lain.

Baca: Guru Zarkasyi Nasri dari Ponpes Darussalam Pimpin Iktikaf Di Masjid Agung Al Karomah Langsung

Baca: Tiba di Palangkaraya, Presiden Jokowi Katakan Pemerintah Serius Soal Pemindahan Ibu Kota

Untuk mendukung gerakan ini pihaknya juga dibantu Urban Sanitasi Development Program (USDP) dalam hal efesiensi rute pengangkutan sampah.

Pola efesiensi rute pengangkutan sampah ini mulai diterapkan tahun ini,.di mana dalamnya diatur bagaimana rute, waktu loading, volume pengambilan, pengangkutan sampah hingga penanganan dan pengurangan sampah. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved