Berita Kabupaten Banjar

Pasien RSJ Sambang Lihum Rutin Diajak Rekreasi, Ini Tujuannya

Tak cuma manusia normal yang perlu menikmati panorama yang indah. Orang dengan ganguan jiwa (ODGJ) pun juga perlu berekreasi.

Pasien RSJ Sambang Lihum Rutin Diajak Rekreasi, Ini Tujuannya
Ist/julianto untuk banjarmasinpost.co.id
REKREASI¬†- Pasien RSJ Sali antusias saat rekreasi di objek wisata alam Mandiangin, awal Mei lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Tak cuma manusia normal yang perlu menikmati panorama yang indah. Orang dengan ganguan jiwa (ODGJ) pun juga perlu berekreasi.

Karena itu pula manajemen Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum (RSJ Sali) juga menggulirkan kegiatan outing atau rekreasi bagi pasien setempat. Bahkan kegiatan itu setidaknya sejak lima tahun terakhir rutin dilaksanakan.

Direktur Utama RSJ Sali dr H IBG Dharma Putra MKM mengatakan pasien yang diikutkan pada kegiatan rekreasi tersebut yakni yang telah pulih atau stabil kondisi kejiwaannya.

"Kalau di ruangan terus kan bosan. Sesekali mereka perlu diajak ke lapangan, rekreasi agar makin fresh dan punya harapan serta semangat yang baru," ucapnya, Kamis (23/05/2019).

Dikatakannya, kegiatan tersebut bagian dari upaya untuk mengembalikan harga diri, kemandirian serta kepercayaan diri. "Mengobati itu tidak selalu identik dengan pemberian obat-obatan. Ada cara-cara lain, di antaranya seperti outing," tandasnya.

Baca: Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor Pelopori Pembayaran Zakat ke Baznas Rp 200 Juta

Ia menyebutkan volume kegiatan tersebut diagendakan dua kali setahun. Bahkan jika tidak ada kendala, tahun ini (2019) direncanakan dilaksanakan hingga empat kali.

Teknis pelaksanaan kegiatan outing di-handle oleh Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit dan Kesehatan Jiwa Masyarakat. "Kegiatan terkininya telah kami laksanakan 4 Mei lalu," sebut Sulastri (kepala instalasi) didampingi stafnya bidang kehumasan, Julianta.

Pada kegiatan outing awal Mei tersebut, junlah peserta (pasien) mencapai puluhan orang yakni sekitar 60-90 orang. Sementara itu petugas pendamping (dokter, psikolog, perawat, manajemen) sekitar 80 orang.

Tempat yang dituju yakni wisata alam Mandiangin di Kabupaten Banjar. Berangkat pukul 08.30 Wita, pasien menumpang bus (tiga armada) dan sebagian pendamping menaiki mobil operasional lainnya maupun mobil pribadi. Rombongan tiba kembali di RSJ Sali sekitar pukul 16.00 Wita.

Selama beberapa jam di lokasi wisata kawasan hutan tersebut, peserta tak sekadar rileks menikmati keindahan alam. Tapi, juga mengikuti beragam permainan atau games.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved