KalselPedia

KalselPedia -- Inovasi Desa di Kabupaten Banjar : Sendal Bahan Eceng Gondok dari Desa Cabi

Sejumlah inovasi dari Desa Cabi Kecamatan Simpangempat Kabupaten Banjar menarik perhatian Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal.

KalselPedia -- Inovasi Desa di Kabupaten Banjar : Sendal Bahan Eceng Gondok dari Desa Cabi
istimewa/pembakal Desa Cabi
Sandal bahan eceng gondok, inovasi desa, Desa Cabi, Kecamatan Simpangempat, Kabupaten Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID- MARTAPURA -- Sejumlah inovasi dari Desa Cabi Kecamatan Simpangempat Kabupaten Banjar menarik perhatian Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Desa itu masuk dalam nominasi Desa Terbaik Nasional kategori Prakarsa dan Inovasi Desa tahun 2018, penghargaan diserahkan oleh Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Taufik Madjid kepada Kepala Desa Cabi, Pahrul Hidayat di Jakarta 29 November 2018 lalu.

Kepala Desa Cabi, Pahrul Hidayat bersyukur atas penghargaan yang diraih. Pihaknya menyadari bahwa di Desa Cabi minim kekayaan alam, sehingga terus melahirkan inovasi-inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri, serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Desa Cabi.

Banyak sekali kegiatan inovasi yang dilakukan warga di desa tersebut. Selain dari menyulap eceng gondok menjadi sendal, dengan prosesnya seperti

"Desa Cabi tidaklah kaya akan sumber daya alam seperti tempat lain. Namun keinginan warganya untuk maju sangatlah tinggi, sehingga tidak susah baginya untuk mengajak mereka berkreasi dengan memanfaatkan alam sekitar," katanya.

Sandal bahan eceng gondok, inovasi desa, Desa Cabi, Kecamatan Simpangempat, Kabupaten Banjar.
Sandal bahan eceng gondok, inovasi desa, Desa Cabi, Kecamatan Simpangempat, Kabupaten Banjar. (istimewa/pembakal Desa Cabi)

Bermodalkan dana desa, mereka mulai mencoba memanfaatkan eceng gondok yang ada di wilayah mereka untuk dijadikan berbagai kerajinan.

“Kami minta bimbingan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, bagaimana membuat sendal dan kerajinan lain seperti tempat tisu dari eceng gondok. Alhamdulillah, bisa dan ternyata laku dijual,” katanya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Kabupaten Banjar, H Aspihani mengatakan, Desa Cabi Simpangempat masuk dalam nominasi Kategori Prakarsa dan Inovasi. Menjadi kebanggan tersendiri bagi Pemkab Banjar, karena salah satu desanya masuk dalam nominasi tersebut bersama dengan 50 desa lainnya se Indonesia.

"Bahkan Desa Cabi Simpangempat ini merupakan satu-satunya desa di Kalsel yang masuk nominasi. Secara umum memang tidak ada juara, tetapi disebut nominasi," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved