KalselPedia

KalselPedia : Ini Nama-nama Makam Keramat di Kalsel, dari Habib, Guru Hingga Datu

Makam keramat di Kalimantan Selatan adalah makam para tokoh, seperti agama atau tokoh perjuangan yang banyak menyebar di tiap wilayah, kabupaten

KalselPedia : Ini Nama-nama Makam Keramat di Kalsel, dari Habib, Guru Hingga Datu
Dok Banjarmasinpost.co.id
Suasana Perkomplekan Kubah Makam KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau akrab disapa Guru Sekumpul, yang berangsur ramai di pekan menjelang Ramadan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Makam keramat di Kalimantan Selatan adalah makam para tokoh, seperti agama atau tokoh perjuangan yang banyak menyebar di tiap wilayah, kabupaten dan kota yang ada di Kalimantan Selatan.

Memang sudah menjadi kebiasaan di Kalimantan Selatan, warganya tidak hanya menghormati para ulama yang masih hidup, melainkan juga wafat.

Tak heran, jika momen Ramadan atau hari akbar umat muslim pun, mereka isi dengan berziarah.

Terutama mengunjungi makam-makam ulama yang mereka nilai keramat atau memiliki sifat.

Berikut makam-makam sering dikunjungi di Kalimantan Selatan. Pertama Makam Habib Hamid bin Abbas Bahasyim atau lebih dikenal dengan sebutan Habib Basirih

Makam ini berlokasi di Jalan Keramat Kelurahan Basirih Kecamatan Banjarmasin Barat Kalsel.

Wali Kota Banjarmasin bersama ulama dan habib serta jamaah haul Habib Basiri membaca doa di depan kubah Habib Basirih
Wali Kota Banjarmasin bersama ulama dan habib serta jamaah haul Habib Basiri membaca doa di depan kubah Habib Basirih (Dok Humpro Banjarmasin untuk BPost Group)

Untuk menuju makam ini, terkhusus bagi mereka yang memakai transportasi darat dari arah luar kota bisa melalui Jalan Gubernur Subardjo atau biasa disebut Lingkar Selatan.

Sedangkan sebaliknya untuk peziarah yang datang dari dalam kota, bisa melalui Pelabuhan Trisakti atau Komplek Lumba-Lumba kemudian ke Jalan Gubernur Subardjo hingga bawah Jembatan Basirih.

Untuk ke Makam Habib Basirih juga bisa ditempuh dengan jalur sungai menggunakan perahu motor atau dari pelabuhan Siring Jalan Piere Tendean.

Kedua adalah makam Sultan Suriansyah. Makam ini terletak di Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

Dermaga di depan Makam Sultan Suriansyah
Dermaga di depan Makam Sultan Suriansyah (net)
Halaman
123
Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved