Berita Banjarmasin

Pemeriksaan IVA Gratis, Yayasan Suaka Ananda Sentuh Masyarakat Menengah Bawah Peduli Kanker Serviks

Deretan antrean meja pemeriksaan layanan kesehatan gratis di Sekretariat Yayasan Suaka Ananda Bpos, Komplek Bun Yamin Asri, Banjarmasin

Pemeriksaan IVA Gratis, Yayasan Suaka Ananda Sentuh Masyarakat Menengah Bawah Peduli Kanker Serviks
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Layanan kesehatan gratis di Sekretariat Yayasan Suaka Ananda Bpos, Komplek Bun Yamin Asri, Banjarmasin nampak dipenuhi sejumlah perempuan, Rabu (19/6/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Deretan antrean meja pemeriksaan layanan kesehatan gratis di Sekretariat Yayasan Suaka Ananda Bpos, Komplek Bun Yamin Asri, Banjarmasin nampak dipenuhi sejumlah perempuan, Rabu (19/6/2019).

Kedatangan mereka yakni untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gratis serta mengikuti penyuluhan kanker serviks dan kanker payudara. Tak hanya itu, warga yang datang pun mendapatkan pelayanan pemeriksaan IVA gratis pula.

IVA test merupakan satu cara untuk deteksi dini kanker serviks atau kanker leher rahim. Melalui pemeriksan tersebut, pasien bisa mengetahui mengenai kondisi rahim mereka. Serta juga sekaligus mendapatkan pengetahuan mengenai pencegahan dari penyakit tersebut.

Warga Komplek Bun Yamin Asri, Lia yang juga ikut melakukan tes merasa bersyukur akan adanya pemeriksaan gratis itu. Melalui kegiatan tersebut jelasnya, warga bisa mendapatkan pengetahuan baru dan periksa kesehatan.

"Bagus sekali ada pemeriksaan IVA gratis ini. Jadi perempuan juga bisa tahu kesehatannya," ucap Lia.

Baca: Penampakan Ashanty dengan Keluarga Bulenya di Kanada, Lihat Ekspresi Aurel & Anang Hermansyah

Baca: Pasutri Suguhkan Seks Berbayar Rp 5.000, Anak-anak yang Nonton Lewat Jendela Lari Saat Terangsang

Baca: Ada SIM Gratis di Polres Banjar, Khusus bagi Warga Bernama Juli atau Lahir 1 Juli

Sebelum melakukan pemeriksaan IVA, para perempuan yang hendak test terlebih dahulu melakukan wawancara. Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin langsung berperan dalam pemeriksaan tersebut.

Kegiatan itu, merupakan rangkaian acara Hari Ulang Tahun ke 13 Yayasan Suaka Ananda. Dimana pihak yayasan melibatkan masyarakat dan mengadakan kegiatan sosial tersebut.

Pengurus Yayasan Suaka Ananda, Budi Kristanto menerangkan, pemeriksaan IVA tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dan kepedulian terhadap pencegahan kanker. Harapnya, masyarakat pun mulai perhatian dan peduli agar selalu memeriksakan kesehatan mereka.

"Banyak sekali dari kaum ibu yang kurang menyadari kanker rahim. Pemeriksaan IVA adalah deteksi dininnya sebagai pencegahan kanker tersebut," jelas Budi.

Ia menerangkan, melalui kegiatan itu, Yayasan Suaka Ananda menyentuh masyarakat menengah ke bawah yang belum mengerti akan bahayanya kanker serviks.

Sementara itu, Dokter Janstar Tarigan yang memandu pemeriksaan tersebut juga meungjapkan hal serupa. Jelasnya, pemeriksaan IVA atau IVA test memang sangat penting bagi perempuan dewasa yang pernah melakukan hubungan suami istri.

Pendeteksian dini terhadap penyakit kanker leher rahim ini sebutnya membantu para perempuan untuk mengetahui kondisi rahim mereka. Sehingga apabila ada indikasi, langsung bisa ditangani. Jangan sampai ujar Dr Janstar penyakit tersebut malah ketahuan saat sudah stadium tinggi.

Lantas, ia pun menyarankan agar ketika perempuan dewasa berhubungan suami istri, maka harus yang sudah sah. Kemudian cukup dengan satu pasangan saja.

"Apabila ada keluhan baik itu keputihan, segera periksa. Jangan dianggap sepele. Karena kanker leher rahim ini bukan genetik, melainkan infeksi," imbaunya.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved