SARABA KAWA

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani Dukung Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi)

Lahan seluas 3.000 Hektare telah disiapkan oleh Pemkab Tabalong tepatnya di Desa Bangkiling Kecamatan Banua Lawas Tabalong.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani Dukung Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi)
HO/Humas Pemkab Tabalong
Bupati Tabalong bersama dengan rombongan meninjau lahan yang disiapkan untuk rawa, guna mendukung program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) 2019 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Lahan rawa di Kabupaten Tabalong cukup luas. Untuk meningkatkan potensinya Pemerintah Daerah bekerjasama dengan Kementerian.

Bupati Tabalong bersama dengan rombongan meninjau langsung lahan yang disiapkan untuk rawa, guna mendukung program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) 2019 yang digagas oleh Kementrian Pertanian RI.

Lahan seluas 3.000 Hektare telah disiapkan oleh Pemkab Tabalong tepatnya di Desa Bangkiling Kecamatan Banua Lawas Tabalong.

“Ada potensi 3.000 Hektare, terbukti untuk lahan yang di depannya sudah dapat ditanami dua kali setahun,” kata Bupati Tabalong Anang Syakhfiani.

Bupati Tabalong bersama dengan rombongan meninjau lahan rawa untuk program Serasi
Bupati Tabalong bersama dengan rombongan meninjau lahan rawa untuk program Serasi (HO/Humas Pemkab Tabalong)

Selain itu Anang juga menyampaikan bahwa ia ingin meninjau langsung dan membandingkan pertumbuhan bawang di dataran rendah dan dataran tinggi. “Selama ini saya berpikir bawang merah hanya cocok di dataran tinggi daerah yang sejuk. Tetapi, setelah melihat bawang merah tumbuh di Sungai Anyar kebun pak Roni ini luar biasa.” Ucapnya.

Kemandirian dari salah satu petani bawang yang bernama Roni dalam tekhnologi bisa dicontoh oleh petani lainnya.

Bupati Anang meninjau lokasi rawa untuk program Serasi 2019
Bupati Anang meninjau lokasi rawa untuk program Serasi 2019 (HO/Humas Pemkab Tabalong)

“Jadi bukan hanya Smart City Tabalong saja yang cerdas, tetapi petani pun juga harus smart.” Tambah Anang.

Namun menurut Anang, dalam mewujudkan hal itu harus ada beberapa persyaratan yang dilakukan, salah satunya kepada Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong dan Kodim 1008/Tanjung agar melakukan normalisasi terhadap sungai yang berada di sekitarnya.

Bupati Tabalong bersama rombongan meninjau lahan rawa yang disiapkan untuk mendukung program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) 2019
Bupati Tabalong bersama rombongan meninjau lahan rawa yang disiapkan untuk mendukung program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) 2019 (HO/Humas Pemkab Tabalong)

“Sungai kecil tadi dinormalisasi, panjangnya 3.000 meter, kita sudah putuskan segera akan dinormalisasi sehingga lahan 3.000 Hektare tidak lagi menjadi potensi namun menjadi sawah fungsional.” Tambah Anang.

Di waktu yang sama Dandim 1008/Tanjung Letkol Arm Edy Susanto yang juga mendampingi Bupati Tabalong dalam kunjungannya, menyampaikan saat ini pihaknya akan melakukan pola pendamping terhadap program Serasi serta masih menunggu hingga menjadi bagian inti dari program tersebut.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani bersama rombongan meninjau lahan rawa yang disiapkan untuk mendukung program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) 2019
Bupati Tabalong Anang Syakhfiani bersama rombongan meninjau lahan rawa yang disiapkan untuk mendukung program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) 2019 (HO/Humas Pemkab Tabalong)

“Kalau sekarang kita masih penyangga atau cabang, nanti jika ada pengembangan akan diberitahukan. Tetapi, yang jelas kita sudah menyiapkan lahannya untuk program Serasi,” ujarnya. (AOL/*)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved