KalselPedia

KalselPedia - Profil dan Sejarah STAI Darul Ulum Kandangan

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Ulum Kandangan, adalah salah satu perguruan tinnggi di Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalsel.

KalselPedia - Profil  dan Sejarah STAI Darul Ulum Kandangan
ist/laduni.id
Mahasiswa berfoto di depan kampus STAI Darul Ulum Kandangan, Kabupaten HSS 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Ulum Kandangan, adalah salah satu perguruan tinnggi di Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan.

Kampusnya berlokasi di Amawang Kiri Muka, Kecamatan Kandangan tersebut kini dipimpin Muhsin Aseri. Didirikan Senin 18 Muharram 1407 Hijriah, bertepatan 22 September 1986. Awalnya, perguruan tinggi ini bernama Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Darul Ulum Kandangan.

Berdasarkan sejarahnya, pada 1960 berdiri Fakultas Adab di Kota Kandangan yang menjadi cabang dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin.

Dalam perkembangannya, Fakultas Adab  tersebut berubah menjadi Fakultas Syariah, dipimpin  Syamsuri. Setelahnya, berdiri pula Fakultas Tarbiyah di Kota Kandangan. Kedua Fakultas tersebut menjadi inspirasi berdirinya STAI Darul Ulum.

Ketika Pemerintah memberlakukan peraturan seluruh perguruan tinggi yang berdomisili di daerah harus diintegrasikan ke ibukota propinsi, otomatis terjadi kevakuman perguruan tinggi di Kota Kandangan. Namun pada awal dasawarsa 1980-an, terjadi lagi perubahan peraturan yang kembali membolehkan adanya perguruan tinggi di daerah, hingga lahir gagasan mendirikan sebuah perguruan tinggi.

Dengan melakukan pendekatan kepada ulama dan umara atas prakarsa H Umar Yasin, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten HSS saat itu, pendirian perguruan tinggi dimulai.

Proses pendirian perguruan tinggi daerah itu kemudian dipimpin oleh Rusydi yang saat itu menjabat  Ketua Pengadilan Agama Kandangan. Namun mengalami kendala, karena yang bersangkutan juga dipindahtugaskan.

Pada tahun berikutnya, dibentuklah Panitia Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah (STIS) yang diketuai HA Makki, yang saat itu menjabat Kepala Kantor Departemen Agama (Kandepag) HSS (1982-1985).

Namun,  sebelum beliau menyelesaikan tugasnya secara tuntas, beliau meninggal dunia. Pendirian perguruan tinggi  di HSS baru terealisasi setelah dilanjutkan ibji, Penjabat Kepala Kandepag  HSS (1985-1986) dalam bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Syariah.

Pembukaan kuliah dimulai  22 September 1986, bertempat di Madrasah Darul Ulum, Kampung Pandai, Kandangan. Mengingat kuliah perdana sebagai titik tolak berjalannya perkuliahan di sebuah perguruan tinggi,  22 September itu selanjutnya ditetapkan sebagai hari jadi almamater.

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved