KalselPedia

KalselPedia: Satker Banjarmasin BPSPL Pontianak dan Tugas-tugasnya

Berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.22/MEN/2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Sumber

KalselPedia: Satker Banjarmasin BPSPL Pontianak dan Tugas-tugasnya
Foto dari BPSPL Pontianak untuk BPost
Kegiatan BPSPL Pontianak Satuan Kerja Banjarmasin di Kalimantan tengah dan Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - BPSPL Pontianak diresmikan 27 Januari 2009.

Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) adalah unit pelaksana teknis di bidang pengelolaan sumber daya pesisir, laut, dan pulau-pulau kecil yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL), Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.22/MEN/2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut tanggal 17 November 2008.

Adapun dengan wilayah kerja BPSPL Pontianak meliputi 31 Kab/kota Pesisir di Pulau Kalimantan.

Sedangkan untuk melaksanakan koordinasi dengan instansi lain di luar Kalimantan Barat, terkait dengan pengelolaan sumber daya kelautan, pesisir dan pulau-pulau Kecil di Kalimantan, maka dibuatlah kantor Satuan Kerja (Satker) Non Struktural yang dibentuk pada tahun 2011, yaitu satuan Kerja Balikpapan, yang berkantor di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur dengan wilayah kerja Provinsi Kalimantan Timur dan Prov. Kalimantan Utara.

Satuan Kerja Banjarmasin, yang berkantor di Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan dengan wilayah kerja Provinsi Kalimantan Selatan dan Provinsi Kalimantan Tengah.

Mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan meliputi perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan sumber daya pesisir, laut, dan pulau-pulau kecil yang berkelanjutan berdasarkan peraturan perundang– undangan yang berlaku.

BPSPL Pontianak memiliki visi Sumberdaya Laut, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di Wilayah Kalimantan Tertata, Aman, Bersih, Produktif Berkelanjutan dan Mensejahterahkan.

Baca: KalselPedia: Kampung Bali, Kecamatan Barambai, Batola

Baca: KalselPedia - Misi dan Inovasi Layanan Kantor Pertanahan Kabupaten Tapin

Baca: KalselPedia: Profil Bappelitbang Banjar, Fokus Wujudkan Mall Pelayanan Publik

Baca: KalselPedia : Lokasi Wisata Menarik di Kabupaten Tanahbumbu, Pantai Angsana hingga Gunung Mayang

Sedangkan misinya adalah meningkatkan pengelolaan dan pemanfaatan Sumberdaya Hayati dan Non Hayati. Meningkatkan kualitas Ekosistem Laut, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, serta meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Secara berkelanjutan.

Dalam melaksanakan tugasnya BPSPL Pontianak menyelenggarakan fungsi:

Halaman
1234
Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved