Berita Kotabaru

Semarak Hari Bakti Adhyaksa, Kajari Kotabaru Musnahkan 29.945 Butir Obat Daftar G

Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke 59 Kejaksaan RI, Kejaksaan Negeri Kotabaru musnahkan barang bukti hasil kejahatan

Semarak Hari Bakti Adhyaksa, Kajari Kotabaru Musnahkan 29.945 Butir Obat Daftar G
banjarmasin post group/man hidayat
Kajari Kotabaru musnahkan Barang Bukti di Kejaksaan Negeri Kotabaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke 59 Kejaksaan RI, Kejaksaan Negeri Kotabaru musnahkan barang bukti hasil kejahatan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrah).

Kegiatan itu dilaksanakan dihalaman Kantor Kejaksaan Negeri Kotabaru, Pada Jumat (18/7/19) sekitar pukul 16.00 wita. Sebelum pumusnahan, juga ada kegiatan donor darah.

Barang bukti hasil kejahatan dan alat kejahatan itu dimusnahkan dihadapan publik. di antaranya obat-obatan daftar G berupa Zenit atau carnophen sebanyak 29.945 butir, kosmetik, senjata tajam dan pakaian tindak pidana serta barang bukti berupa telepon seluler yang digunakan untuk transaksi kejahatan.

Pemusnahan dilakukan dengan cara diblender dan benda lainnya dihancurkan. Dimana saat itu pemusanahan dipimpin langsung Kepala Kejaksaan Negeri Kotabaru, Indah Laila. Disaksikan Kasat Narkoba Polres Kotabaru AKP Margono, Kasi Intel Kejaksaan Agung Nugroho, Kasi Pidum Wahyu, Kasi Barang Bukti dan Barang Rampasan, Pinto Aribowo, perwakilan Pengadilan Negeri, BNN Kotabaru dan Dinas Kesehatan.

Baca: Persija Jakarta Vs PSM Makassar, Dejan Lovren Dukung Persija di Final Piala Indonesia 2018!

Baca: Hasil Perempatfinal Indonesia Open 2019, Tontowi/Winny Tak Lolos Semifinal Kalah dari Malaysia

Baca: Sosok Keponakan Maia Estianty, Diandra Marsha Shafiera yang Lulus ITB Kurang dari 3 Tahun


Menurut Kepala Kejaksaan Negeri Kotabaru, Indah Laila, mengatakan kegiatan Donor Darah dan Pemusnahan Barang Bukti tersebut dalam rangma memperingati hari Bhakti Adhyaksa ke 59 tahun Kejaksaan RI. Hal itu sebagai bakti hasil tangkapan dan dimusnahkan saat sudah ada ketetapan hukumnya.

"Hari ini kita laksanakan kegiatan sosial dalam bentuk Donor Darah. Alhamdulillah hasil kegiatan Donor Darah hari ini memperoleh sebanyak 30 kantong darah. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan kantong darah tersebut, " katanya.

Sementara pemusnahan barang bukti adalah bukti dari berbagai kasus yang telah ditangani oleh Kejaksaan Negeri Kotabaru. Dari barang bukti tersebut, yang mayoritas adalah kasus Narkoba. Hal ini membuktikan bahwa Kejari Kotabaru tidak lalai terhadap berbagai kasus kriminalitas khususnya kasus narkotika.

"Kami Kejari Kotabaru juga telah melakukan upaya-upaya preventif, seperti sosialisasi ke sekolah-sekolah terkait penyalahgunaan narkoba. Sosialisasi itu penting lantaran sasarannya saat ini adalah remaja hingga dewasa, " katanya.

Masih menurutnya, pencegahan harus terus dilakukan. Sebab, pencegahan perlu dilakukan bukan hanya satu atau dua instansi saja melainkan tugas bersama untuk menjaga generasi penerus bangsa.

(Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved