Berita Banjarmasin

Duta Genre Kalsel 2019, Fajar dan Liha Siap Bersaing Menjadi Duta GenRe Nasional

Fajar Akbar Maulana dan Liha dinobatkan sebagai Duta GenRe (Generasi Berencana) Kalsel 2019

Duta Genre Kalsel 2019, Fajar dan Liha Siap Bersaing Menjadi Duta GenRe Nasional
banjarmasinpost.co.id/salmah
Duta gendre 2019 Kalsel_ 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Fajar Akbar Maulana dan Liha dinobatkan sebagai Duta GenRe (Generasi Berencana) Kalsel 2019, setelah dengan mantap menjawab semua pertanyaan empat juri, akhirnya

Pada Grand Final Pemilihan Duta GenRe Kalsel 2019 di Hotel Royal Jelita Banjarmasin, Minggu (20/7) malam itu ada 20 finalis (10 putra, 10 putri) yang bersaing yang kemudian disusutkan menjadi 10 finalis (5 putra, 5 putri), selanjutnya 6 finalis (3 putra, 3 putri).

Adapun 3 finalis putra; Fajar Akbar Maulana (PIK M Gasma UMBJM Banjarmasin), Sukma Jaya (PIK Cendrawasih Tanah Laut), Muhammad Iqbal Rijani (PIK R Kocar MB Club HST).

Sedangkan 3 finalis putri; Liha dari Biologi FMIPA ULM Banjarbaru? Dindawati Khadijah (PIK MA Sari Mulia Banjarmasin), Nurul Hikmah (PIK R Melati Tapin).

Baca: Viral Driver Taksi Online Grab Dapat Orderan Mistis di Makassar Antar ke Kuburan hingga Kerasukan

Keenam finalis masing-masing diberi waktu dua menit untuk menjawab pertanyaan dari empat juri malam itu yakni Resa Sabrina (Juara 1 Duta GenRe putri Kalsel 2013, dan juara II Duta GenRe Nasional), Ir Hj Mila Rahmawati MS (Kabid KSPK BKKBN Kalsel), Bukhori (Pendiri PIK Pertama di Kalsel) dan Asep (Perwakilan BKKBN Pusat).

Penilaian para juri meliputi etika, program para peserta, public speaking, pengetahuan tentang generasi berencana dan lainnya.

Duta GenRe yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalsel ini bertena Sakulah, Kuliah, Sarjana, Bagawi, Hanyar Kawin.

Kepala BKKBN Kalsel, Dra Ina Agustina MPh, dalam sambutan penutupan mengatakan, Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda.

"Program GenRe merupakan wadah mengembangkan karakter bangsa. Sosialisasi menghindari pernikahan dini, seks pra nikah dan Napza (narkotika dan zat adiktif) agar menjadi remaja tangguh, penerus pembangunan bangsa," jelasnya.

Baca: Terduga Pelaku Pembunuhan Presenter TVRI di Kendari Ditangkap, Begini Motifnya Menurut Pelaku

Diungkapkannya, usia kawin di Kalsel rata-rata 19,78 tahun, sedangkan idealnya adalah usia 25-21 tahun. Dengan demikian masih harus disosialiasikan program GenRe.

Para peserta adalah anggota aktif dari Pusat Informasi dan Konseling (PIK) baik jalur pendidikan maupun jalur masyarakat. Syarat usia 16-22 tahun dan belum menikah. Awalnya pendaftar sebanyak 120 orang.

Pemenang atau Duta GenRe Kalsel 2019 ini akan diikutsertakan pada Duta GenRe Nasional di Makassar.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved