Ekonomi dan Bisnis

Sistem IT Bank Mandiri Error Sehari, OJK Minta Perlindungan Nasabah Diutamakan

Otoritas Jasa Keuangan tengah memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut

Sistem IT Bank Mandiri Error Sehari, OJK Minta Perlindungan Nasabah Diutamakan
banjarmasinpost.co.id/mariana
Suasana Kantor Cabang Bank Mandiri, Jalan Pangeran Samudera, Banjarmasin, Sabtu (20/7/2019) yang dipadati nasabah yang bingung saldo rekening mereka ludes. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Pascaterjadinya gangguan pada jaringan data Bank Mandiri, sehingga membuat bingung dan resah nasabah karena saldo di rekening mereka ludes, Sabtu (20/7/2019) lalu, bank milik pemerintah itu menjamin dana nasabah aman.

Dilansir dari Kompas.com, Otoritas Jasa Keuangan tengah memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut.

Seperti diberitakan, sejumlah nasabah Bank Mandiri kebingungan dan mengeluhkan terjadinya perubahan pada saldo rekening mereka Sabtu (20/7/2019) pagi. Sebagian dari mereka mendapati saldo rekeningnya raib, tetapi sebagian lagi mendapati saldo rekeningnya justru bertambah.

Hal itu karena bank pelat merah tersebut mengalami error dalam sistem perpindahan data.

"Perbankan harus memiliki dan menerapkan standar operasional yang baik, jika gangguan sistem terjadi, dengan memprioritaskan aspek perlindungan konsumen terkait dengan hak nasabah termasuk pemulihan layanannya," tulis OJK dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (21/7/2019).

Baca: Bank Mandiri Blokir 2.670 Rekening Nasabah, Pindahkan Saldo Tambahan ke Rekening Lain Saat IT Error

Baca: Bank Mandiri Jamin Uang Kembali

Baca: Saldo Rp 1,2 Miliar di Bank Mandiri Tiba-tiba Ludes, Begini Nasib Pengusaha Batu Bara Kaltim Ini

OJK pun meminta Bank Mandiri untuk segera melaporkan permasalahan yang terjadi dan langkah-langkah yang akan mereka lakukan agar kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari.

Saat ini yang terpenting adalah pelayanan sudah kembali normal dan mereka juga telah menjamin keamanan dana nasabah, sehingga tidak ada nasabah yang terkurangi hak-nya.

OJK meminta semua bank untuk terus melakukan review fungsi IT yang dimiliki secara berkala dalam rangka menegakkan tata kelola manajemen resiko operasional yang prudent dan berjalan dengan baik. Hal ini merupakan bentuk upaya peningkatan pelayanan perbankan ke depannya dan mencegah agar permasalahan ini tidak terulang lagi ke depannya

"Permasalahan yang telah terjadi ini penting untuk menjadi perhatian industri perbankan," jelas OJK.

(Penulis : Mutia Fauzia/Kompas)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mandiri Error, OJK Minta Perlindungan Nasabah Diutamakan", https://money.kompas.com/read/2019/07/22/081200526/mandiri-error-ojk-minta-perlindungan-nasabah-diutamakan.

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved