Berita Tabalong

Dinas LH Tabalong Upayakan Kurangi Jumlah Sampah di Tabalong Jelang Penilaian Adipura

Kedatangan tim dari Pemerintah Provinsi sekaligus melihat kesiapan pemerintah daerah untuk penilaian tahun depan yang menggunakan sistem berbeda

Dinas LH Tabalong Upayakan Kurangi Jumlah Sampah di Tabalong Jelang Penilaian Adipura
HO/DLH Tabalong
Ilustrasi - DLH Kabupaten Tabalong, menanam130 pohon angsana di areal kantor kecamatan Banua Lawas, Jum’at (05/04/2019) 

BANJARMSINPOST.CO.ID, TANJUNG  - Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong saat ini tengah mempersiapkan diri untuk penilaian Adipura, belum lama ini Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan juga telah melakukan kunjungan.

Kedatangan tim dari Pemerintah Provinsi sekaligus melihat kesiapan pemerintah daerah untuk penilaian tahun depan yang menggunakan sistem berbeda. Yaitu Untuk penilaian awal melihat data jika nilainya dibawah 70 persen maka tidak akan dilanjutkan ke tahap berikutnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong Rowi Rawatianice mengatakan saat ini pihaknya tengah bersiap untuk menghadapi penilaian dari Pemerintah Pusat yang rencananya akan dilakukan pada bulan Agustus ini. Rowi menambahkan pihaknya berupaya melakukan pengurangan jumlah sampah.

Baca: Bus Terbakar di Jembatan Tumbang Nusa Pulang Pisau Kalteng, Diduga Ini Penyebabnya

Dengan adanya pengurangan jumlah sampah berarti telah ada pemilahan sejak dari sampah rumah tangga.

“Pembinaan kepada warga memang butuh waktu, karena perlu edukas dan sosialisasi secara menyeluruh,” ujarnya. Tiga hal yang perlu dilakukan untuk mengurangi jumlah sampah yaitu dengan pembatasan, pemilahan dan daur ulang.

Saat ini jumlah sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sekitar 65 ton perhari, jumlah ini masih tergolong banyak untuk kategori kota kecil. Dan diharapkan secara bertahap akan ada pengurangan jumlah sampah.

Saat ini TPA di Maburai juga masih dalam tahap pembenahan mengingat rencana relokasi ke TPA baru di Bongkang.

Baca: Pelaku UMKN Tapin Normuminah Andalkan Aneka Rasa di Produknya, Terkendala Bahan Baku dan Pemasaran

Pengurangan jumlah sampah menjadi fokus Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong salahsatunya dengan membina adanya bank sampah di setiap desa dan mengedukasi warga untuk melakukan pemilahan sampah sejah dari rumah.

“Para pengangkut sampah tidak lagi melakukan pemilahan jika memang sejak dari sampah rumah tangga sudah melakukan pemilahan, sampah yang bisa didaur ulang oleh warga juga bisa meniingkatkan pendapatan warga melalui bank sampah,” ujanrya. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved