PON 2020

Logo dan Maskot PON 2020 Papua Diluncurkan, Terungkap Makna Sesungguhnya

Gubernur Papua Lukas Enembe meluncurkan logo dan maskot PON 2020 bersamaan dengan peresmian kantor DPR Papua, Kamis (1/8/2019).

Logo dan Maskot PON 2020 Papua Diluncurkan, Terungkap Makna Sesungguhnya
Dhias Suwandi
Anggota DPR Papua Ireneus Liku Bolly berfoto di antara banner logo dan maskot PON XX 2020 yang baru diluncurkan Gubernur Papua Lukas Enembe, di Kantor DPR Papua, Kamis (1/08/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAYAPURA - Gubernur Papua Lukas Enembe meluncurkan logo dan maskot PON 2020 bersamaan dengan peresmian kantor DPR Papua, Kamis (1/8/2019).

Untuk logo, Stadion Papua Bangkit dijadikan latar dengan ornamen gunung dan 3 buah lingkaran. Sedangkan maskot, Panitia Besar PON 2020 menggunakan 2 jenis hewan yang merupakan endemik khas Papua.

"Dengan ini saya resmikan logo dan maskot PON 2020 dan mulai sekarang logo dan maskot ini bisa digunakan di seluruh Indonesia," ujar Lukas, Kamis.

Konsep dasar logo PON 2020 menggunakan Stadion Papua Bangkit yang merupakan simbol kemegahan di bidang olahrga rakyat Papua.

Di depan gambaran stadion tersebut, digambarkan 3 buah segitiga yang menanandakan Papua memiliki banyak gunung dan dimaknai sebagai kekayaan sumber daya alam yang melimpah.

Baca: Harga Tiket Pesawat Turun, Sektor Transportasi Deflasi 0,06 Persen, BPS : Wisman Naik 9,94 Persen

Baca: Setelah Rumah Wartawan Dibakar, Kini Kantor PWI Aceh Terbakar, Polisi Temukan Bekas Minyak Tanah

Baca: Demi Anak Rey Utami Ajukan Penangguhan Penahanan, Pengacara Fairuz, Hotman Paris Balas Begini

Baca: Kompas.com Kembali Jadi Pemenang Kategori Media Online Tepercaya, Indonesia Ada 43.000 Media Sejenis

Kemudian, 3 lingkaran dengan warna merah, kuning dan hijau mengartikan prestasi, sportivitas dan solidaritas yang akan menjadi pemersatu rakyat.

Sementara, dua hewan yang digunakan sebagai maskot adalah kangguru pohon mantel emas dan burung cenderawasih.

Kangpho menjadi nama maskot kangguru pohon yang selama ini populer sebagai satwa khas Australia namun ternyata juga ada di Papua.

Kangpho digambarkan menggunakan rumbe-rumbe pada bagian kepala dan pinggang yang merupakan busana kebesaran untuk kaum laki-laki dan perempuan. Terdapat ukiran pada ikat pinggang yang merupakan desain khas Papua.

Pada bagian depan mahkota juga ditampilkan gambaran gunung bersalju yang merupakan gambaran puncak Gunung Jayawijaya.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved