Berita Regional

Saat Diikat dan Mau Disembelih, Sapi 'Black' Bantuan Jokowi Tendang Seorang Warga Hingga Luka

Butuh belasan orang untuk menaklukkan si Black, sapi bantuan Presiden Joko Widodo berbobot lebih dari 1 ton yang disembelih di Masjid Nurma'unah

Saat Diikat dan Mau Disembelih, Sapi 'Black' Bantuan Jokowi Tendang Seorang Warga Hingga Luka
KOMPAS.com/MARKUS YUWONO
Suasana penyembelihan Hewan Kurban Bantuan Presiden Joko Widodo di Masjid Nurma'unah, Dusun Mulusan, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, Yogyakarya, Minggu (11/8/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, YOGYAKARTA - Butuh belasan orang untuk menaklukkan si Black, sapi bantuan Presiden Joko Widodo berbobot lebih dari 1 ton yang disembelih di Masjid Nurma'unah, Dusun Watugilang B, Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, Yogyakarta.

Bahkan, satu orang di antaranya mengalami luka ringan terkena sepakan kaki, Minggu (11/8/2019).

Dari pengamatan Kompas.com di lokasi, sapi jenis simental ini mulai digiring ke masjid dari lokasi transitnya berada sekitar 100 meter, pukul 10.00 WIB.

Setelah penyerahan dari Bupati Gunungkidul Badingah, sapi kemudian diikat sedemikian rupa sehingga mudah direbahkan.

Baca: MotoGP Austria 2019 - Vinales Bingung Bagaimana Cara Menyalip Kompetitornya yang Lebih Cepat

Baca: SESAAT LAGI LINK Trans 7! Live Streaming MotoGP Austria 2019 di Trans7, Balapan Seri 11 MotoGP 2019

Baca: Tangis Nagita Slavina Hingga Amy Qanita Iringi Pamitan Asisten Raffi Ahmad, Merry, Ini Alasannya

Masyarakat sekitar yang sudah terbiasa menyembelih hewan kurban, pun dengan cekatan bisa merobohkan sapi berukuran besar itu.

Saat diikat dengan tali, sapi yang masih meronta itu kaki belakangnya mengenai kaki kanan salah seorang warga hingga terjatuh.

"Memang tadi ada insiden tersebut, sepakan sempat mengenai seorang pembegal dibagian kaki. Alhamdulillah tidak terjadi luka yang parah," kata Takmir Masjid Nurma'unah, Dusun Watugilang B, Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan Sumarno, Minggu

Pada Idul Adha tahun ini, di Masjid Nurma'unah terdapat 5 ekor sapi kurban termasuk bantuan dari Presiden Jokowi serta 21 ekor kambing dari jemaah masjid.

"Tadi yang menyembelih sekitar 12 orang, kami kesulitan untuk menyembelih sapi tersebut tenaganya besar," katanya.

Bupati Gunungkidul Badingah yang sempat menghadiri penyembelihan sapi bantuan presiden mengatakan, daging sapi bisa dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Masyarakat Gunungkidul perlu mencontoh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang penuh keiklasan, kesabaran, dan ketaatan sehingga dapat membuahkan hasil yang memuaskan.

"Hari raya kurban ini semoga bisa memupuk keimanan masyarakat Gunungkidul, dan juga menambah jiwa sosial masyarakat. Semoga warga bisa menerima daging sapi bantuan dari presiden secara merata," ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan, pihaknya menurunkan petugas sebanyak 169 orang yang disebar ke seluruh wilayah di Kabupaten Gunungkidul untuk memantau penyembelihan hewan kurban.

"Kami dibantu sebanyak 45 orang dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM," katanya.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved