Berita Tabalong

Bansau di Kelurahan Agung Tanjung Tabalong Terbakar, Relawan dan BPBD Berjibaku Padamkan Api

Warga Kelurahan Agung dihebohkan dengan adanya amukan sijago merah yang membakar bangunan sebuah bansau atau tempat pemotongan kayu.

Bansau di Kelurahan Agung Tanjung Tabalong Terbakar, Relawan dan BPBD Berjibaku Padamkan Api
HO/BPBD Tabalong
Petugas pemadam kebakaran dari BPBD Tabalong dan relawan saat melakukan pemadaman api di bansau, kelurahan Agung, Tanjung, Tabalong. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG – Warga Kelurahan Agung dihebohkan dengan adanya amukan sijago merah yang membakar bangunan sebuah bansau atau tempat pemotongan kayu.

Letak bansau yang berada tak jauh dari jalan utama  membuat Unit Penanggulangan Bencana Swadaya (UPBS) dengan mudah menjangkau TKP.

Fahri anggota BPBD mengatakan pihaknya setelah mendapatkan kabar bahwa terdapat kebakaran pada Rabu (14/08/2019) pukul 01.40 wita langsung menuju TKP dan api sudah sangat membesar.

Karena banyak peralatan yang mudah terbakar sehingga api bisa dengan mudah membesar dan menghanguskan seluruh isi bangunan.

Untuk sumber air mudah menggunakan armada tangki lalu lintas juga lancar, kebakaran sempat dikira pemukiman namun ternyata setelah dilakukan pengecekan ternyata bangunan bansau.

Fahri menambahkan dari keterangan beberapa saksi api diketahui sudah membesar karena saat itu adalah waktu untuk tidur.

Baca: Kebakaran Lahan Hampir Menyasar Permukiman Penduduk di Labuan Amas HST, Petugas Lakukan Ini

Baca: Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Lahan di Candi Laras Utara Tapin Kalimantan Selatan

“Api berhasil dipadamkan dan tidak sampai menjalar ke bangunan lain, warga juga sebagian membantu proses pemadaman dan ada pula yang melihat proses pemadaman,” ujarnya. Bangunan bansau milik Juhri tersebut juga dilakukan pembasahan usai api benar benar padam.

Fahri menambahkan  pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Sosial, biasanya setiap kali terjadi kebakaran selalu mendapat bantuan dari Dinsos, namun kali ini karena bukan pemukiman bantuan yang tersedia di Dinas Sosial adalah peralatan masak dan bahan makanan.

Fahri juga mengimbau kepada warga untuk bisa lebih waspada terlebih saat musim kemarau seperti saat ini. Bukan hanya musibah kebakaran pemukiman yang perlu menjadi perhatian namun juga untuk kebakaran hutan dan lahan. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved