Berita Banjarmasin

Tinjau Bekantan Command Center, ini Kata Kapolda Kalsel Tentang Pencegahan Karhutla

Kapolda Irjen Yazid Fanani menyebutkan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sangatah penting dan penindakan adalah upaya terakhir.

Tinjau Bekantan Command Center, ini Kata Kapolda Kalsel Tentang Pencegahan Karhutla
humas polda kalsel
Kapolda saat meninjau Bekantan Command Center di Ditreskrimsus Polda Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kapolda Irjen Yazid Fanani menyebutkan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sangatah penting dan penindakan adalah upaya terakhir.

"Saat ini kita telah punya aplikasi namanya aplikasi Bekantan. Nah dengan aplikasi itu, kita melalui satelit bisa tau koordinat mana yang terbakar, kedudukan anggota dimana dan anggota sebagai leading sektor untuk respon awal sebelum anggota lain bergabung ke sana," ucapnya didampingi Wakapolda Aneka P.

Menurutnya, intinya, kebakaran hutan pekerjaan bersama, tidak bisa keberhasilan itu parsial jadi harus secara holistik, keterlibatan TNI-Polri, Manggala Aknii, BPBD dan masyarakat semua.

"Mudah-mudahan dengan aplikasi ini kita bisa lakukan pencegahan sedini mungkin termasuk masyarakat bisa manfaatkan aplikasi itu, jangan sampai ada penindakan lah, penindakan itu upaya terakhirlah," ucapnya.

Baca: SAH! Roger Danuarta dan Cut Meyriska Jadi Suami Istri, Lihat Aksi Aneh Jelang Akad

Baca: Tersingkir Nagita Slavina dan Luna Maya dari Nominasi Wanita Tercantik Dunia, Nasib Syahrini?

Baca: Berani Beri Segepok Uang Lucinta Luna Cari Muhammad Fatah, Ria Ricis Bongkar KTPnya

Ditanya apa kah sampai saat ini ada kooporasi terlibat pembakaran hutan? Yazid mengatakan tidak ada dan di sekitar bandara sempat ada titik-titik api, namun dengan respon cepat tidak menimbulkan kebakaran meluas dan kabut asap.

Apa penyebab kebakaran di sekitar bandara tersebut apakah karena faktor alam atau ada lalai misal membuang puntung rokok? Yazid mengatakan bahwa penyeban kebakaran banyak hal.

"Terbesar sih faktor manusia dan faktor alam sedikit, namun saya menyakini paling besar manusia karena untuk itu keperdulian kita semua sangat penting, masing-msing saling mendukung dan menguatkan dan bagian dari itu," paparnya.

(Banjarmasinpost.co.id/irfani)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved