Otomotif

Pemerintah Akan Keluarkan Aturan Kendaraan Listrik Wajib Dilengkapi Suara Demi Keselamatan

Pemerintah masih menyiapkan peraturan tentang operasional kendaraan listrik yang mulai marak diperkenalkan di tanah air, salah satunya tentang suara.

Pemerintah Akan Keluarkan Aturan Kendaraan Listrik Wajib Dilengkapi Suara Demi Keselamatan
Kompas.com
Mobil listrik anak bangsa Ezzy II yang dijajal Presiden Joko Widodo saat meresmikan tol Surabaya-Mojokerto, Selasa (19/12/20 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah masih menyiapkan peraturan khusus tentang operasional kendaraan listrik yang mulai marak diperkenalkan di tanah air, salah satunya tentang suara.

Kendaraan listrik sudah banyak yang diperkenalkan di Indonesia. Sebagian besar dari kendaraan tersebut tidak mengeluarkan suara. Sementara, pemerintah akan mengeluarkan aturan mengenai hal tersebut.

Dari data yang diperoleh tim KompasOtomotif, salah satu dari isi draf Peraturan Menteri (PM) berisikan peraturan yang mewajibkan kendaraan listrik untuk dilengkapi dengan suara.

Suara yang dihasilkan disesuaikan dengan kategori jenis kendaraan dan tidak menyerupai suara hewan, sirene, klakson, dan musik.

Motor listrik Gesits di gelaran IIMS 2019
Motor listrik Gesits di gelaran IIMS 2019 (GridOto.com)

Tingkat suara yang dihasilkan juga tidak boleh melebihi ambang batas kebisingan kendaraan bermotor, sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang lingkungan hidup.

Baca: Perpres Motor Listrik Resmi Diteken, Gesits: Bisa Mendukung Sektor Teknologi Sendiri

Baca: Motor Listrik Gesits, Pakai Penggerak Mirip Motor Matic, Sekali Isi Daya Sanggup Jalan 100 Km

"Menyangkut masalah noise atau suara, memang noise atau suara ini menjadi suatu kewajiban menyangkut aspek keselamatan. Namun, untuk produk sekarang yang sudah ada belum memiliki suara," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dalam keterangan resminya, Jumat (23/8/2019).

Budi menambahkan, dalam Peraturan Menteri akan diiatur penggunaan suara untuk kendaraan ini karena menyangkut keselamatan. Namun demikian, butuh waktu untuk menyiapkan aturan tersebut.

(Penulis Donny Dwisatryo Priyantoro/Kompas)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kendaraan Listrik Wajib Dilengkapi Suara Demi Keselamatan", https://otomotif.kompas.com/read/2019/08/24/182200815/kendaraan-listrik-wajib-dilengkapi-suara-demi-keselamatan.

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved