Breaking News:

Berita Banjarmasin

Pelican Crossing Dibangun Depan Masjid Noor Banjarmasin, PUPR Ajukan Dana Rp 100 Juta di APBDP

PUPR Banjarmasin Ajukan Dana Pelican Crossing Rp100 Juta di APBD Perubahan, Dibangun Depan Masjid Noor

Editor: Royan Naimi
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Seorang relawan setiap hari membantu menyeberangkan pejalan kaki dengan alat bantu bendaera di Jalan Pangeran Samudra Banjarmasin, depan Masjid Noor. Di lokasi ini rencana mau dibangun Jembatan Penyeberangan Orang (JPO). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemko Banjarmasin mengajukan dana pembanguan pelican crossing atau alat kelengkapan bagi penyeberang jalan sebesar Rp 100 juta di dana APBD perubahan 2019 ini.

Rencananya, pelican crossing dari dana APBD ini nanti akan menambah jumlah pelican crossing yang dibangun pihak ketiga di di Jalan Pangeran Samudra, depan Masjid Noor.

“Iya kita sedang mengajukan dana Rp 100 juta untuk pembangunan pelican crossing dari dana APBD perubahan 2019 ini. Mudah-mudahan disetujui,” kata Kabid Lalulintas Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Slamet Bejo, Jumat (30/8/19).

Menurut Slamet, saat ini dinas perhubungan melalui pihak ketiga sedang membangun pelican crossing atau alat kelengkapan bagi penyeberang jalan di Jalan Pangeran Samudra, depan Masjid Noor. 

Baca: Sopir Truk Angkut Pasir Ini Masih Berusia 14 Tahun Asal Pengaron Kabupaten Banjar, AKP Gustaf Kaget

Baca: Isi Chat Raffi Ahmad & Wika Salim Dibongkar, Ini Hubungan Asmaranya dengan Suami Nagita Slavina

Baca: Kondisi Sheila Marcia Saat Roger Danuarta & Cut Meyriska Menikah, sang Mantan Pacar Lari ke Sini?

Baca: Inisial R Mulai Terkuak! Luna Maya Ingin Bahagia Sama-sama Ariel NOAH, Faisal Nasimuddin Lakukan Ini

“Pelican crossing itu merupakan fasilitas bagi penyeberang jalan melalui zebra cross,”katanya.

Ditambahkannya, konsep dari pelican crossing itu menggunakan konsep zebra cross yang sudah ada, namun pada saat saat menyeberang dibantu alat tambahan, yakni rambu-rambu lalulintas.

Dengan memencet tombol, maka akan muncul di rambu lalulintas warna merah untuk kendaraan dan lampu hijau bagi pejalan khaki.

“Nah, pelican crossing ini dilengkapi dengan bunyi-bunyian sebagai peringatan bagi pengemudi kendaraan bahwa ada warga yang menyeberang,” katanya.

Dijelaskannya, pelican crossing sudah tak asing lagi di kota-kota besar di Indonesia dan saat ini pembangunan pelican crossing sudah memasuki tahap pembangunan fondasi.

Boleh dikatakan pembangunan pelican crossing ini untuk pengganti JPO sementara dan bisa melindungi para penyeberang jalan.

“Dana pembangunan pelican crossing ini murni dari pihak ketiga dan untuk kompensasi dengan pihak ketiga belum dibicarakan. Pihak ketiga ini awalnya ingin membantu Pemko Banjarmasin agar warga yang menyeberang Jalan Pangeran Samudra itu bisa selamat,” katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved